Apel Kesiapsiagaan Penanganan Bencana di Gelar di Mapolres Lingga

Apel Kesiapsiagaan Penanganan Bencana di Gelar di Mapolres Lingga

Selingga.com (07/11) Dabo. Apel kesiapsiagaan untuk menghadapi bencana hidrometeorologi (faktor cuaca) untuk Kabupaten Lingga digelar di halaman Mapolres Lingga, pada Jumat (06/11) tadi. Apel kesiapsiagaan tersebut dipimpin oleh Sekda Lingga, Syamsudi, dan dihadiri oleh Asisten II Pemkab Lingga, Kapolres Lingga, Danlanal Dabo Singkep, Danramil Dabo Singkep, Kabandara Dabo Singkep, Satpol PP Kabupaten, OPD, ormas, serta melibatkan gabungan unsur BPBD, SAR, dan TNI-Polri. Syamsudi kepada pihak media mengatakan kalau kemungkinan kendala yang akan dijumpai nantinya dalam penanganan bencana adalah keterbatasan alat dan personel.

“Pertama, peralatannya kita cek satu per satu, kemudian juga personelnya. Mudah-mudahan ke depannya ada koordinasi yang lebih mendalam lagi. Kalau untuk kendala, saat ini masih belum dapat dikatakan, kemungkinan nantinya keterbatasan alat dan personel, tergantung dengan bencana nantinya,” kata Syamsudi.

Apel Kesiapsiagaan Penanganan Bencana di Gelar di Mapolres Lingga

Untuk titik-titik rawan yang menjadi perhatian dalam mengantisipasi bencana nantinya, Sekda Lingga ini mengatakan daerah pantai dan juga pemukiman yang rawan longsor menjadi daerah yang perlu diantisipasi.

“Kemungkinan dari daerah rendah, kemudian dari daerah pantai, tepian pemukiman di daerah yang rawan longsor, dan itu sudah dipetakan,” ujar Syamsudi.

Apel Kesiapsiagaan Penanganan Bencana di Gelar di Mapolres Lingga

Sedangkan dari pihak Lanal Dabo, mengatakan kalau apel yang digelar saat itu untuk melihat kekuatan yang ada di Kabupaten Lingga dalam upaya persiapan dalam penanganan bencana nantinya.

“Dengan apel ini kita tahu kesiapan pemerintah daerah bersama TNI-Polri dan seluruh yang ikut apel hari ini, dapat diketahui kesiapan apa saja yang kita punya. Setelah ada kesiapan, baru kita menunjuk titik-titiknya. Bencana di tempat kita paling tidaknya di tepi pantai dan tanah longsor. Nanti akan kita bagi dan kita juga telah tahu kekuatan masing-masing stockholder. Tujuan apel ini untuk melihat kekuatan yang ada di Kabupaten Lingga ini, sehingga ke depannya kita akan lihat apa kendalanya,” jelas Danlanal Dabo, Letkol Laut (P) Zul Fahmi kepada pihak media.

Sementara itu, Kapolres Lingga AKBP Arief Robby Rachman, S.H., S.I.K., M.Si., menyampaikan bahwa, dilaksanakannya apel kesiapan dalam rangka antisipasi dampak La Nina berupa bencana hidrometeorologi di Kabupaten Lingga tersebut, guna untuk menyamakan persepsi dalam penanganan bencana nantinya.

“Diadakannya apel kesiapsiagaan ini guna menyamakan persepsi dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam apabila terjadi nantinya di Kabupaten Lingga,” kata Kapolres Lingga ini.

Apel Kesiapsiagaan Penanganan Bencana di Gelar di Mapolres Lingga

Kapolres Lingga berharap masyarakat ikut bersama-sama mengantisipasi terjadinya La Nina yang mengakibatkan bencana hidrometeorogi dan melaporkan kepada pihak terkait apabila terjadi bencana tersebut.

“Kita menyatukan seluruh stockholder untuk persiapan dalam penangganan bencana. Apalagi menurut ramalan akan terjadi bencana La Nina, sehingga untuk Kabupaten Lingga dengan adanya apel tadi, diharapkan dapat terjalin kerja sama untuk menangani penanggulangan bencana tersebut,” kata Kapolres Lingga. (Im).

Read Previous

Komisi IV DPRD Kepri Kunker di Lingga, Komitmen Berikan Dukungan Sarana dan Prasarana Pendidikan

Read Next

Aklamasi, Yanuar Pimpin BPC HIPMI Kabupaten Lingga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *