Inovasi Alat Pengering Kulit dan Kepala Udang dari Karang Taruna Kecamatan Kepulauan Posek

Inovasi Alat Pengering Kulit dan Kepala Udang dari Karang Taruna Kecamatan Kepulauan Posek. (Foto : istimewa)

Selingga.com (25/06) Kepulauan Posek. Melalui lomba Teknologi Tepat Guna (TTG), Karang Taruna Kecamatan Posek memperkenalkan suatu inovasi berupa alat pengering dari limbah kulit dan kepala udang yang akan diproses untuk dijadikan tepung sebagai tambahan pakan ternak. Lomba Teknologi Tepat Guna Tingkat Kabupaten Lingga sebelumnya dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lingga melalui aplikasi zoom selama 2 hari. Ketua Karang Taruna Kecamatan Kepulauan Posek, Ali Fatoni, mengatakan kalau inovasi dari alat yang mereka hasilkan tersebut dilatarbelakangi dari melihat potensi yang ada di daerah mereka, khususnya banyaknya hasil tangkapan udang yang ada.

“Melihat banyaknya limbah dari kulit dan kepala udang yang terbuang dan selama ini terkesan tidak dimanfaatkan, muncul ide dan gagasan untuk membuat sebuah inovasi baru. Kemudian beberapa rekan pemuda, kami mencoba mengolah limbah dari kepala dan kulit udang tersebut agar dapat dimanfaatkan dan bisa menjadi nilai ekonomis. Dari itu kita mulai merancang, akhirnya muncullah sebuah alat pengering limbah kulit dan kepala udang dan upaya proses akan ada penggilingan agar menjadi tepung sebagai tambahan protein pakan ternak,” kata Ali Fatoni, pada Selasa (23/06) tadi.

Inovasi Alat Pengering Kulit dan Kepala Udang dari Karang Taruna Kecamatan Kepulauan Posek. (Foto : istimewa)

Ali Fatoni juga mengatakan kalau dengan adanya TTG, mereka mencoba berpartisipasi di dalamnya melalui alat yang mereka ciptakan tersebut.

“Dengan adanya program Teknologi Tepat Guna di Kabupaten Lingga ini, kami mencoba ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. Kegiatan yang diikuti peserta dari pelajar tingkat SMA dan SMK yang ada di Kabupaten Lingga serta organisasi masyarakat ini, dalam pelaksanaannya ada beberapa tahap dalam mengikuti lomba TTG tersebut. Pertama, kita mengajukan proposal alat dan video cara mengoperasikan mesinnya. Kemudian dipilih beberapa judul untuk masuk ke tahap selanjutnya. Kedua, peserta yang lolos pemberkasan dan penilaian tahap pertama, mengikuti persentasi alat melalui media zoom,” kata Ali Fatoni.

Inovasi Alat Pengering Kulit dan Kepala Udang dari Karang Taruna Kecamatan Kepulauan Posek. (Foto : istimewa)

Ali Fatoni berharap ke depannya masyarakat Kepulauan Posek bisa melihat potensi yang ada di desanya.

“Dengan inovasi ini, kami berharap ke depannya masyarakat yang ada di Kecamatan Kepulauan Posek, khususnya kalangan pemuda, bisa melihat potensi yang ada di wilayah ini,” harap Ali Fatoni.

Sementara itu, Camat Kepulauan Posek, Sutarman, memberikan apresiasi dan dukungan atas ide dan inovasi yang dihasilkan pemuda karang taruna dari daerahnya tersebut.

“Kami sangat mendukung, kami juga memberikan apresiasi untuk sebuah kerja keras yang berawal dari sebuah ide dan gagasan baru oleh para pemuda Karang Taruna Kepulauan Posek ini. Pemuda yang melihat dan mendengar serta akhirnya bisa berkarya dengan sebuah inovasi baru. Ini sangat membanggakan kami yang ada di Kecamatan Kepulauan Posek ini. Ada sebuah kebanggaan tersendiri, bahwa satu-satunya utusan dari Kecamatan Kepulauan Posek bisa berpartisipasi dalam pelaksanaan Teknologi Tepat Guna ini,” kata Sutarman.

Camat Kepulauan Posek, Sutarman

Sutarman juga menambahkan kalau Karang Taruna Kecamatan Kepulauan Posek ini, telah memberikan kontribusi nyata terhadap kampung halaman mereka.

“Kita berikan apresiasi kepada rekan pemuda yang telah memberikan kontribusi nyata dan membesarkan nama Kecamatan Kepulauan Posek. Saya siap mendukung penuh apa pun kegiatan pemuda agar bisa menjadi lebih baik lagi. Hal yang paling utama adalah setelah proses selesai, bagaimana alat yang telah dihasilkan ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan menjadi salah satu usaha baru bagi para pemuda maupun masyarakat nantinya,” kata Sutarman. (Im).

Read Previous

PPDB Korwil Singkep dan Singkep Selatan Secara Online dan Offline

Read Next

Tim Warsik Itwasum Polri Gelar Pemeriksaan Terkait Aspek Pelaksanaan dan Pengendalian TA 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *