Seratus Pengendara Tidak Menggunakan Masker di Dabo, di Rapid Tes

Seratus Pengendara Tidak Menggunakan Masker di Dabo, di Rapid Tes

Selingga.com (01/01) Dabo. Malam menyambut pergantian tahun di Dabo Singkep, Kabupaten Lingga bagi masyarakat, untuk pengguna jalan, khususnya pengendara kendaraan bermotor yang tidak menggunakan masker saat itu, akan dilakukan rapid tes oleh petugas kesehatan. Melyanti, Kasi Surveilans Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Lingga, saat ditemui usai menggelar rapid tes di Pospam Wisma Ria, simpang empat lampu merah Masjd Az-Zulfa pada Kamis (31/12) malam, mengatakan kalau kegiatan yang bekerja sama dengan pihak Polres Lingga tersebut, digelar berdasarkan hasil kesepakatan sebelumnya. Kegiatan tersebut juga sebagai upaya untuk menghambat penyebaran wabah Covid-19 saat ini di Kabupaten Lingga, terutama di saat liburan bersama dan peringatan hari besar nasional.

“Kemarin berdasarkan hasil kesepakatan rapat Satgas Covid-19 dengan pihak Polres Lingga, ditetapkan bahwa pelanggar protokol kesehatan akan dirapid tes di tempat, terutama yang tidak memakai masker,” kata Melyanti.

Kasi Surveilans Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Kabupaten Lingga, Melyanti dan KBO Satlantas Polres Lingga, Ipda Ardiansyah

Melyanti mengatakan kalau target sebelumnya sebanyak 200 orang, namun masyarakat yang kedapatan tidak memakai masker saat itu berjumlah sekitar 100 orang.

“Jumlah malam ini yang dirapid semuanya 100 orang dari sasaran kita sebenarnya 200 orang. Kita membuka 2 posko rapid tes, yaitu di simpang bandara Dabo dan di simpang empat Masjid Az-Zulfa,” kata Melyanti.

Seratus Pengendara Tidak Menggunakan Masker di Dabo, di Rapid Tes

Melyanti juga menambahkan kalau hasil rapid tes dari masyarakat yang kedapatan tidak menggenakan masker atau membawa masker namun tidak memakainya dengan baik itu, diketahui semuanya non reaktif.

“Hasil rapid tesnya bisa langsung diketahui. Berdasarkan hasil kesepakatan kemarin, jika ada yang reaktif akan segera dilakukan karantina mandiri selama 14 hari dan sampai saat ini semuanya non reaktif. Kegiatan ini digelar selama 1 hari saja, cuma untuk malam tahun baru saja,” kata Melyanti.

Seratus Pengendara Tidak Menggunakan Masker di Dabo, di Rapid Tes

Kasi Surveilans dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga ini mengingatkan masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan saat ini.

“Dalam kesempatan ini kami berpesan kepada masyarakat Kabupaten Lingga, tolong patuhi protokol kesehatan. Karena dengan kita mematuhi protokol kesehatan, sangat melindungi kita dari serangan virus Covid-19 dan saat ini belum ditemui obatnya. Vaksinnya juga belum tahu kapan bisa dilaksanakan,” kata Melyanti.

Sementara itu, KBO Satlantas Polres Lingga, Ipda Ardiansyah bersama anggotanya mendampingi tim surveilands saat itu mengatakan kalau pihaknya membantu untuk melakukan pemanggilan kepada pengendara yang saat itu dijumpai tidak menggunakan masker.

Seratus Pengendara Tidak Menggunakan Masker di Dabo, di Rapid Tes

“Dalam hal ini terkait malam tahun baru, pihak Polri, khususnya di Pospam Wisma Ria, kami membantu pihak medis untuk melakukan penyetopan atau pemanggilan kepada pengendara yang tidak menggunakan masker dan akan dilakukan rapid tes oleh petugas yang ada,” kata Ipda Ardiansyah. (Im).

Read Previous

Himalaya Lingga Turun ke Jalan, Galang Dana buat Ibu Martini, Penderita Kanker Payudara

Read Next

Pantai Cemara, Dabo, Sepi dari Perayaan Pergantian Tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *