Sosialisasi Pendataan Keluarga Diikuti Camat se-Kabupaten Lingga

Sosialisasi Pendataan Keluarga Diikuti Camat se-Kabupaten Lingga

Selingga.com (23/02) Dabo. Kegiatan pendataan keluarga digelar Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga bekerja sama dengan BKKBN Provinsi Kepri. Kegiatan tersebut digelar pada Selasa (23/02) tadi di Gedung Sapta Pesona, Kelurahan Dabo, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga. Kabid Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga, Lians Dwi Santy, usai kegiatan mengatakan kalau jalannya sosialisasi tersebut diikuti oleh camat se-Kabupaten Lingga dan pihak terkait lainnya. Acara tersebut dibuka oleh Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Sekda Lingga,Yusrizal.

“Kegiatan pada hari ini yang dilakukan di Gedung Sapta Pesona Kelurahan Dabo adalah kegiatan sosialisasi pendataan keluarga. Dalam kegiatan ini kita mengundang para camat se-Kabupaten Lingga, Kepala Puskesmas se-Kabupaten Lingga, beberapa OPD terkait, PKK, Ketua IBI, dan Himpunan Kepala Desa yang ada di Kabupaten Lingga, serta Duta GenRe,” kata Lians Dwi Santy.

Lians Dwi Santy mengatakan kalau kegiatan sosialisasi pendataan keluarga tersebut bertujuan agar masyarakat mengetahui serta mendukung kegiatan pendataan keluarga yang akan digelar dari bulan April-Mei 2021 nantinya.

Kabid Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga, Lians Dwi Santy

“Ada pun tujuan dari sosialisasi pendataan keluarga ini dilakukan agar kegiatan pendataan keluarga yang akan dimulai tanggal 1 April-30 Mei 2021 bisa diketahui oleh seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Lingga serta mendukung pendataan keluarga tahun 2021 ini. Kegiatan sosialisasi ini murni dianggarkan dari perwakilan BKKBN Provinsi Kepulauan Riau,” jelas Lians Dwi Santy.

Kegiatan sosialisasi hari itu juga akan dilanjutkan dengan sosialisasi teknis ke lapangan bagi manager pendataan.

“Setelah kegiatan sosialisasi dilakukan, siang nanti akan dilanjutkan langsung sosialisasi teknis ke lapangan untuk adik-adik manager pendataan,” kata Lians Dwi Santy.

Sosialisasi Pendataan Keluarga Diikuti Camat se-Kabupaten Lingga

Lians Dwi Santy berharap manager yang telah dilatih nantinya bisa mengaplikasikan ke bawahnya.

“Kemudian untuk pendataan ini kita harapkan ke lapangan nantinya, manager yang telah dilatih bisa mengaplikasikan ke bawahnya. Karena untuk petugas ini ada 4, yaitu manager pengolahan data, manager data, supervisor, dan kader pendata. Untuk kader data, kita akan lakukan sosialisasi dengan menggunakan dana BOKB (Bantuan Operasional Keluarga Berencana) dari Provinsi Kepulauan Riau,” kata Lians Dwi Santy.

Terakhir, Kabid Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga ini menambahkan kalau dalam berjalannya kegiatan pendataan keluarga nantinya, mereka juga akan dibantu oleh Duta GenRe yang ada.

“Dalam hal ini kegiatan pendataan keluarga juga didukung dari adek-adek GenRe kita yang akan mempublikasikan dan menyampaikan kepada masyarakat bahwa kita akan melakukan kegiatan pendataan keluarga yang dimulai dari tanggal 1 April-31 Mei 2021,” kata Lians Dwi Santy.

Sosialisasi Pendataan Keluarga Diikuti Camat se-Kabupaten Lingga

Pendataan Keluarga sendiri merupakan kegiatan BKKBN untuk mendapatkan data keluarga Indonesia. Pendataan Keluarga sendiri dilakukan setiap 5 tahun sekali. Pendataan Keluarga 2021 merupakan kegiatan strategis Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan KB untuk kepentingan perencanaan, evaluasi, dan pengukuran kinerja sampai wilayah administrasi terkecil. (Im).

Read Previous

DPRD Lingga Gelar Paripurna Penetapan Kepala Daerah 2021-2024

Read Next

Desa Marok Kecil Raih Juara Umum I di STQ IV Tingkat Kecamatan Singkep Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *