Class Meeting SMA Negeri 2 Singkep, Gelar Pentas Seni dan Olahraga

Selingga.com (16/12) Dabo. Selesai Penilaian Akhir Semester Berbasis Komputer (PASBK), SMA Negeri 2 Singkep menyelenggarakan Class Meeting Olahraga dan Pentas Seni. Class Meeting Pentas Seni yang dibuka oleh Kepala SMA Negeri 2 Singkep, Hendy Wijaya, S. Pd. pada Senin, 16 Desember 2019 dengan mengadakan 5 lomba, yaitu Lomba Tari Tradisi, Lomba Tari Kreasi, Lomba Baca Puisi, Lomba Nyanyian Solo, dan Lomba Fashion Show.
Lomba Tari Tradisi diikuti oleh siswa kelas X dengan setiap kelas masing-masing mengirimkan 3 tim, Lomba Tari Kreasi diikuti siswa kelas XI yang juga masing-masing kelas mengirimkan 3 tim, sedangkan Lomba Baca Puisi, Lomba Nyanyian Solo, dan Lomba Fashion Show, masing-masing kelas mengirimkan utusan 1 putra dan 1 putri.

Kepala SMA Negeri 2 Singkep, Hendy Wijaya, S. Pd. (Foto: istimewa)

Ketua Pelaksana kegiatan, Ferry, S.Pd, mengatakan kalau kegiatan tersebut bertujuan untuk melihat potensi yang ada dari anak-anak didik.
“Adapun kegiatan yang kami adakan adalah Class Meeting yang bertujuan untuk melihat potensi-potensi yang ada di SMA Negeri 2 Singkep, khususnya di bidang kesenian. Di mana kita mengutamakan apa potensi yang dibutuhkan oleh anak. Pertamanya yang kita ingin raih itu, mental. Karena dari mental itu, kita akan berani tampil di luar, misalnya puisi. Adapun yang kami buat di sini adalah tari kreasi. Itu memang sudah ada dalam pelajaran, tetapi di sini kita tampilkan. Selanjutnya ada tari tradisi, sama juga, kita tampilkan di sini. Kemudian ada fashion show, di mana kita akan melihat bagaimana kreasi-kreasi anak bergaya di depan media sosial, teman-temannya, dan masyarakat. Di sini juga ada nyanyian solo yang tidak ditentukan lagunya, tetapi dari anak tersebut, apa yang mereka bisa. Selanjutnya ada baca puisi, kami langsung ke pembinanya, Ibu Ayu dan Pak Syaf, bisa melakukan pelatihan-pelatihan dalam pembuatan puisi,” kata Ferry, S.Pd.
Sedangkan Pembina OSIS SMA Negeri 2 Singkep, Syafitriandy, S.Pd.I. mengatakan kalau kegiatan tersebut juga merupakan upaya untuk mempromosikan sekolah mereka.
Asterela Yolanda dan Indah Setiawati pelajar SMA Negeri 2 Singkep

“Dari program kerja OSIS, kegiatan ini kita laksanakan setiap tahun per semesternya. Jadi, setelah ujian semester diadakan Class Meeting. Kalau kemarin olahraga, hari ini kita coba seni. Untuk melatih kreativitas anak agar menjadi lebih baik. Kemudian juga untuk mempromosikan sekolah ini, tidak hanya belajar, tetapi mereka juga bisa mempunyai hal-hal positif lainnya,” kata Syafitriandy.
Asterela Yolanda, pelajar kelas X MIPA SMA Negeri 2 Singkep, salah satu pelajar yang tampil membawakan puisi mengatakan kalau kegiatan Class Meeting tersebut dapat mengasah mentalitas dan bisa berkarya di bidang seni.
“Tadi tampil di pembacaan puisi. Kalau di Class Meeting sebelumnya, pembacaan puisi belum, hanya menulis saja. Kali ini baru diadakan. Semoga ke depannya kegiatan ini semakin lancar dan sering diadakan agar siswa-siswi, khususnya di SMA Negeri 2 Singkep ini, termasuk di kabupaten, bisa mengasah mentalitas dan bisa berkarya lebih lagi untuk di bidang seni dan lainnya. Di Class Meeting SMA Negeri 2 Singkep ini, kami mengadakan beberapa kegiatan, pertamanya adalah apresiasi panggung group band antarsekolah. Banyak sekolah yang bergabung di dalamnya, termasuk se-Kecamatan Singkep dan Kecamatan Singkep Barat, juga mengadakan tari kreasi, fashion show moeslim style, nyanyian solo, dan pembacaan puisi. Tahun ini, Class Meeting SMA Negeri 2 Singkep mengundang jenjang SMP dan SMA untuk mengikuti Class Meeting ini,” kata Asterela yang saat itu didampingi oleh rekannya, Indah Setiawati.
Class Meeting SMA Negeri 2 Singkep, Gelar Pentas Seni dan Olahraga. (Foto : istimewa)

Selain seni, sebelumnya kegiatan Class Meeting setelah Penilaian Akhir Semester, OSIS SMAN 2 Singkep menggelar SMANDA OPEN 2019 yang merupakan kegiatan turnamen badminton antarpelajar tingkat SMA dan SLTP se-Kecamatan Singkep dan Singkep Barat, yakni dari SMP N 1 Singkep, SMP N 2 Singkep, MTsN, SMA N 1 Singkep , SMA N 2 Singkep , SMK N 1, dan SMA N 1 Singkep Barat. Peserta yang mendaftar berjumlah 16 putra dan 7 Putri. Menurut Supriono, selaku pembina eskul badminton di SMANDA, kegiatan diadakan selama 3 hari dimulai pada tanggal 12 s.d. 14 Desember 2019, bertempat di SMANDA Singkep dan Gedung Wisma Ria. Kegiatan yang langsung dibuka oleh Kepala SMA N 2 Singkep, Hendy Wijaya, S. Pd. menegaskan bahwa ini merupakan ajang silaturahmi dan untuk memupuk dan mencari bibit atlet dalam upaya menuju ajang O2SN.
Dari hasil turnamen tersebut, untuk Badminton Putra, Rizki dari MTs N keluar sebagai juara I, disusul Mario dari SMA N 1 Singkep Barat di tempat kedua dan Aping dari SMA Negeri 2 Singkep bersama David dari SMK Negeri 1 Singkep di posisi ketiga.
Class Meeting SMA Negeri 2 Singkep, Gelar Pentas Seni dan Olahraga

Untuk putri, Revi Jesika dari SMA Negeri 2 Singkep keluar sebagai juara pertama. Di posisi kedua diraih oleh Afrelia dari SMA Negeri 2 Singkep, dan Maulani dan Khairika dari SMP Negeri 2 Singkep di posisi ketiga bersama Khairika, dari SMP Negeri 2 Singkep. (Im).

Read Previous

Lapas Dabo "Digeledah"

Read Next

Komunitas Sastra Dilaut Jadikan Pementasan Sebagai Ajang Evaluasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *