Tim Posbindu Mobile Puskesmas Dabo Gelar Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular

Lingga420 Views
banner 468x60

Selingga.com (09/06) Dabo. Puskesmas Dabo melalui Tim Posbindu Mobilenya melakukan kegiatan deteksi dini Penyakit Tidak Menular (PTM) dengan mendatangi secara langsung warga di kediamannya yang berada di sekitar Dabo Singkep, Kabupaten Lingga. Kegiatan penanggulangan Penyakit Tidak Menular (PTM) yang dilaksanakan pada Sabtu (08/06) di Dabo itu merupakan kombinasi upaya inisiatif pemeliharaan mandiri oleh petugas, masyarakat, dan individu yang bersangkutan.

Ns. Cintari Juliandry, S.Kep. selaku
Penanggung Jawab Program PTM (Penyakit Tidak Menular) UPT Puskesmas Dabo usai melakukan kegiatan deteksi dini hari itu di salah satu rumah warga mengatakan kalau kegiatan tersebut bertujuan agar masyarakat mengetahui kondisi kesehatan mereka.

“Kami dari Tim Posbindu Mobile Puskesmas Dabo melakukan kegiatan deteksi dini Penyakit Tidak Menular. Kegiatannya seperti melakukan pengecekan tensi dan melakukan cek gula darah. Hal ini bertujuan agar masyarakat mengetahui kondisi status kesehatan pada dirinya. Jadi kita bisa mencegah penyakit tidak menular, seperti penyakit diabetes dan penyakit hipertensi,” kata Cintari.

Tim Posbindu Mobile Puskesmas Dabo Gelar Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular

Cintari berharap masyarakat bersedia untuk dilakukannya pemeriksaan kesehatan pada diri mereka.

“Saya berharap agar masyarakat Singkep bersedia untuk dilakukan pemeriksaan agar kesehatan masyarakat semakin membaik ke depannya,” kata Cintari.

Cintari mengakui kalau pihaknya terkadang ada juga mendapat penolakan oleh sebagian warga untuk dilakukan pengecekan kesehatan mereka.

“Hambatan yang kami temukan di lapangan, yaitu terkadang adanya penolakan dari masyarakat yang merasa takut jika hasil ini tidak baik,” kata Cintari.

Cintari menambahkan kalau dengan dilakukan kegiatan tersebut, setidaknya dapat dilakukan langkah pencegahan andai nantinya ditemukan adanya hasil yang tidak baik dari pemeriksaan tersebut.

Tim Posbindu Mobile Puskesmas Dabo Gelar Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular

“Padahal melalui kegiatan ini, istilahnya dapat kita lakukan pencegahan. Apa pun hasilnya yang tidak baik dapat kita cegah, kita lakukan penyuluhan agar kondisi ini tidak bertambah buruk. Saya harapkan kepada masyarakat, jika kami dari Tim Posbindu Puskesmas Dabo berkunjung, agar mau dilakukan pengecekan gula ataupun pemeriksaan tensinya,” kata Cintari.

Baca juga :   Wabup Lingga buka Kegiatan PMI di Pantai Armifa Pasir Panjang

Sejauh ini yang dilakukan Tim Posbindu Puskesmas Dabo saat melakukan kegiatan deteksi dini terhadap Penyakit Tidak Menular (PTM) kepada masyarakat adalah dengan melakukan pengecekan berat badan, tinggi badan, cek gula, dan pengukuran tensi. (Im).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *