Pramuka MIN Lingga Gelar Kegiatan Haiking

Lingga949 Views
banner 468x60

Selingga.com (04/08) Dabo. Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Lingga melalui Gerakan Pramuka Sekolah menggelar kegiatan jelajah atau haiking. Kegiatan yang dilaksanakan pada Minggu (04/08) ini diikuti oleh anggota Pramuka Penggalang. Kegiatan haiking tersebut juga bertujuan untuk mengembangkan karakter yang abadi bagi pesertanya. MIN Lingga dalam kegiatan haiking saat itu mengambil tema “KISAH” yang merupakan singkatan dari Kreatif, Inovatif, Santun, Aktif, dan Harmonis. Ini juga menjadi filosofi bahwasanya setiap kegiatan Pramuka adalah kisah cerita dan juga pengalaman terbaik.

Kamabigus MIN Lingga yang juga merupakan Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Lingga, Zuhdi Insany, S.Ag. mengatakan kalau dalam jalannya kegiatan haiking saat itu, para peserta tidak hanya diajak untuk mengenal lingkungan dan alam saat itu, tetapi juga mendapatkan pembinaan dalam berbagai aspek. Para peserta dikenalkan terhadap sandi-sandi, semaphore, hingga Lomba Keterampilan Baris-Berbaris (LKBB) yang menjadi bagian dari peningkatan keterampilan Pramuka.

‘’Sebelum memulai perjalanan haiking, peserta diberikan arahan penting. Mereka diminta untuk menjaga kebersihan lingkungan selama perjalanan serta menjaga kondisi fisik dan mental agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar,” kata Zuhdi Insany.

Pramuka MIN Lingga Gelar Kegiatan Haiking

Zuhdi Insany menambahkan kalau kegiatan haiking tersebut tidak hanya menjadi ajang pengembangan fisik dan mental saja, tetapi juga menjadi momen spesial bagi pramuka.

Di tempat yang sama, Siti Handri, S.Ag. yang merupakan Pembina Pramuka Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Lingga mengatakan kalau dalam jalannya kegiatan haiking kali ini terdiri dari 5 pos yang melibatkan tantangan seperti lomba sandi-sandi, lomba yel-yel, dan kekompakan regu.

Pramuka MIN Lingga Gelar Kegiatan Haiking

‘’Yang tak kalah seru adalah lomba memberikan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan atau P3K. Di sini anak-anak Pramuka Penggalang MIN Lingga ini diharapkan dapat memberikan pertolongan segera kepada penderita sakit atau cedera/kecelakaan yang memerlukan penanganan medis dasar,” kata Siti Handri.

Baca juga :   Desa Teluk dan Desa Belungkur Digabung, M. Nizar Serahkan Kode Wilayah

Sementara itu para guru dan pembina yang ada berharap kegiatan haiking ini dapat menumbuhkan kesan yang baik bagi peserta serta dapat meningkatkan wawasan dan keterampilan kepramukaan. Hal ini dikarenakan kegiatan tersebut dapat menciptakan suasana kepramukaan yang tidak hanya menarik, tapi juga dapat membangun rasa solidaritas dan persaudaraan di antara sesama anggota Pramuka. (Im).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *