DPRD Lingga Gelar Rapat Paripurna Penyampaian Ranperda Tentang Laporan Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Lingga TA 2023 Dan Ranperda Zakat

Advertorial351 Views
banner 468x60

Selingga.com (04/07) Lingga. DPRD Kabupaten Lingga menggelar rapat paripurna terkait dengan agenda Penyampaian/Penjelasan Ranperda tentang Laporan Pertanggung jawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Lingga Tahun Anggaran 2023 dan Ranperda tentang Zakat. Kegiatan yang juga merupakan fungsi legelasi DPRD Kabupaten Lingga tersebut dilaksanakan pada hari Senin (27/05) itu dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Lingga, Ahmad Nashiruddin.

Bupati Lingga Muhamad Nizar dalam penyampaiannya saat itu menyampaikan beberapa point penting dalam mewujudkan pembangunan jangka menengah Kabupaten Lingga 2021- 2026. Untuk itu juga disusun 5 pembangunan terkait upaya untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas, mempercepat pemerataan pembangunan yang berkelanjutan, mewujudkan ekonomi berbasis unggulan, mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik serta mewujudkan kehidupan masyarakat yang tertib aman, berbudaya dan berlandaskan nilai-nilai agama.

Kemudian untuk mewujudkan visi dan misi tersebut, maka dalam penyelenggaraannya pemerintah daerah didukung oleh pengelolaan anggaran yang baik. Selain menyelenggarakan urusan pemerintah melalui sejumlah program dan kegiatan di Tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Lingga juga menetapkan kebijakan strategis, melalui peraturan Bupati Lingga dan keputusan bupati. Diantaranya adalah pelaksanaan program jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pelaku usaha kelautan dan perikanan, penetapan penegasan pengesahan Kelurahan Raya dan Kelurahan Pancur, Pemberian ketetapan nihil bagi kepengurusan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) untuk sertifikat tanah bagi masyarakat.

Kemudian pemberian pembebasan pajak BPHTB melalui program legalisasi aset berupa pensertipikatan tanah pemukiman masyarakat di atas air, pedoman program jaminan kesehatan nasional, serta penetapan 10 paket strategis di Kabupaten Lingga.

DPRD Lingga Gelar Rapat Paripurna Penyampaian/Penjelasan Ranperda tentang Laporan Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Lingga Tahun Anggaran 2023 dan Ranperda Tentang Zakat. (foto : istimewa)

Muhammad Nizar berharap pihak legislatif Lingga dapat memberikan rekomendasi terkait hal itu.

“Kami berharap DPRD Kabupaten Lingga dapat memberikan rekomendasi kepada Pemerintah Kabupaten Lingga sebagai bahan dalam penyusunan perencanaan, penyusunan anggaran, dan peraturan daerah pada tahun berjalan berikutnya,” kata Muhammad Nizar.

Baca juga :   DPRD Lingga Bentuk Pansus Pemekaran Desa

Sementara itu beberapa Pandangan Gabungan Komisi DPRD Lingga seperti Ketua Gabungan Komisi DPRD Kabupaten Lingga, Drs. H. Pokyong Kadir, M.Pd, yang dalam penyampaian laporan secara umum memberikan apresiasi dan berterimakasih kepada Bupati Lingga yang telah menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Lingga Tahun Anggaran 2023 dalam rapat paripurna beberapa waktu lalu.

Gabungan Komisi DPRD Lingga juga telah melakukan pembahasan terhadap LKPJ Bupati Lingga Tahun Anggaran 2023. Berdasarkan hasil pembahasan tersebut, DPRD Kabupaten Lingga kemudian merumuskan sejumlah catatan dan rekomendasi.

Meskipun dapat dinilai cukup baik terhadap kinerja anggaran pendapatan daerah pada Tahun 2023, namun Pokyong mengatakan kalau realisasinya masih belum mencapai 100 persen. Realisasi anggaran pendapatan pada tahun 2023 hanya mencapai 97,37 persen.

“Dilihat dari komposisi struktur pendapatan daerah tahun 2023, Pendapatan Asli Daerah (PAD) hanya memberikan kontribusi sebesar 5,60 persen dari total pendapatan daerah. Kontribusi terbesar dalam struktur pendapatan daerah bersumber dari pendapatan transfer sebesar 94,25 persen,” kata Pokyong.

Pandangan Umum.
——————————

DPRD Kabupaten Lingga secara umum memberikan apresiasi terhadap kinerja yang baik sebagaimana yang telah dilaporkan dalam LKPJ Bupati Lingga Tahun Anggaran 2023. Sementara itu untuk sektor-sektor yang belum menunjukkan kinerja yang memuaskan, agar dapat ditingkatkan untuk masa-masa yang akan datang.

Gabungan Komisi DPRD Lingga pada Rapat Paripurna Agenda Penyampaian Rekomendasi DPRD Lingga tentang Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Lingga tahun anggaran 2023 sebagai Ketua Gabungan Komisi DPRD Kabupaten Lingga sendiri terdiri dari Pok Yong Kadir sebagai ketua, Agusyuriawan sebagai wakil ketua dan Anwar sebagai sekretaris.

Rapat Paripurna Agenda Penyampaian Rekomendasi DPRD Lingga tentang Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Lingga tahun anggaran 2023 saat itu dihadiri Bupati Lingga, Muhammad Nizar, Ketua DPRD Lingga, Ahmad Nashiruddin, anggota DPRD Kabupaten Lingga, Kepala OPD, Camat, Lurah, Kades, BPD sekabupaten Lingga. (ADV)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *