Aklamasi, Marbeska Pimpin Melayu Singkep

Aklamasi, Marbeska Pimpin Melayu Singkep. (Foto : istimewa)

Selingga.com (20/01) Dabo. Bermula dari pertemuan 3 orang yang terdiri dari Fadillah (Fedel), Zulfahzal (Ijal), dan Marbeska (Aimar) sebagai penggagas awal, maka terbentuklah Lembaga Swadaya Masyarakat yang kemudian diberi nama Melayu Singkep. Pertemuan pertama tersebut kemudian dilanjutkan dengan pertemuan berikutnya yang digelar pada Minggu (17/01) di kediaman saudara Marbeska yang berada di Dabo Singkep, Kabupaten Lingga. Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 2 jam lebih dan diikuti sebanyak 18 orang saat itu, Marbeska terpilihlah secara aklamasi sebagai Ketua Melayu Singkep.

“Tujuan dibentuknya Melayu Singkep ini adalah sebagai salah satu wadah perwakilan masyarakat Melayu yang melindungi, mengaspirasi, dan menaungi masyarakat Melayu di Pulau Singkep,” kata Fadillah, selaku Wakil Ketua II Melayu Singkep, melalui rilis yang diterima oleh Selingga.com pada Rabu (20/01) tadi.

Sementara itu, Wakil Ketua I, Said Zulfahzal dalam rilis yang ada mengatakan kalau selain menyokong penuh ide dari Fadillah ini, dirinya juga berpendapat bahwa masyarakat Melayu Singkep sudah mulai mengalami degradasi kebudayaan, khususnya Budaya Melayu yang sudah bercampur aduk dengan budaya lain dan seakan-akan Budaya Melayu agak tersingkir dan terpinggirkan.

“Jadi kiranya sangat diperlukan keberadaan Melayu Singkep ini untuk menangkal segala bentuk negatif ke arah lenyapnya kemelayuan kita,” kata Said Zulfahzal.

Sementara itu, ketua terpilih Melayu Singkep, Marbeska, mengemukakan bagaimana peran masyarakat Melayu Singkep dalam pembangunan.

“Artinya, eksistensi orang Melayu Pulau Singkep harus muncul. Tidak hanya sebagai partisipan belaka, tetapi kalau bisa juga sebagai pengawas kebijakan,” kata Marbeska.

Selanjutnya, tiga orang penggagas Melayu Singkep ini juga akan melaporkan pertemuan tersebut kepada pihak LAM Kabupaten Lingga setelah menyiapkan berita acara dan kepengurusan organisasi ini. Setelah mendapatkan rekomendasi/surat keputusan resmi, pengurus Melayu Singkep akan segera mengurus Akta Notaris dan membuat AD/ART Melayu Singkep. (Rilis).

Read Previous

Forum GenRe Kabupaten Lingga Ikuti GenRe Eduship Digital Fest Melalui Webinar

Read Next

Atlet Kecamatan Singkep Gelar Pemusatan Latihan di Implasmen Dabo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *