Pernikahan Usia Dini di KUA Singkep Pesisir Berkurang

Lingga19 Views
banner 468x60

Selingga.com (22/09) Singkep Pesisir. Keberadaan Kantor Urusan Agama (KUA) Singkep Pesisir dalam meminimalkan kasus pernikahan dini di Kecamatan Singkep Pesisir, Kabupaten Lingga terlihat dengan menurunnya angka pernikahan dini saat ini. Kepala KUA Singkep Pesisir, Kusmara Murni, S.Ag. saat ditemui di ruang kerjanya pada Jumat (20/09) tadi mengatakan kalau perkawinan usia dini banyak terjadi pada tahun awal dirinya menjabat.

“Di Kecamatan Singkep Pesisir ini, di awal-awal tahun saya menjabat, yakni sekitar tahun 2018, untuk tingkat pernikahan dini boleh dikatakan banyak terjadi. Tetapi alhamdulillah dengan berjalannya waktu hingga akhir ini, tingkat pernikahan dini itu sudah berkurang, bahkan jikapun ada hanya sekali-sekali saja,” kata Kusmara Murni.

Sedangkan terkait permasalahan yang sering ditemukan saat ini, Kusmara Murni mengatakan kalau kasus yang ada kebanyakan hanya sebatas perselisihan dan kesalahpahaman di dalam rumah tangga.

Kepala KUA Singkep Pesisir, Kusmara Murni, S.Ag.

“Terkait dengan permasalahan yang kami hadapi untuk KUA Singkep Pesisir ini boleh dibilang tidak ada masalah. Namun kalaupun ada yang konsultasi, biasanya terkait dengan masalah kesalahpahaman di dalam rumah tangga saja. Alhamdulillah dapat diselesaikan dengan baik dan tidak menimbulkan permasalahan lagi,” kata Kusmara Murni.

Sedangkan untuk permasalahan lainnya, Kusmara mengatakan kalau hal itu terkait dengan stunting. Seperti diketahui kalau KUA Kecamatan juga merupakan salah satu yang memiliki peran dalam pencegahan dan penurunan angka stunting. Hal tersebut berhubungan dengan posisi KUA yang strategis dalam menjangkau masyarakat, khususnya calon pengantin.

Pernikahan Usia Dini di KUA Singkep Pesisir Berkurang

“Kalau permasalahan yang ada saat ini adalah terkait dengan stunting. Untuk stunting di Kecamatan Singkep Pesisir ini, ada. Namun tidak begitu banyak karena kami juga telah menjalin kerja sama antara Puskesmas Lanjut dan KUA Kecamatan Singkep Pesisir dalam bentuk MoU dalam mengatasi stunting yang akhir-akhir ini meningkat di Indonesia. Alhamdulillah untuk Singkep Pesisir stuntingnya ada, tetapi tidak begitu banyak,” kata Kusmara Murni.

Baca juga :   Petugas Gabungan Datang, Musik Pun Berhenti

Sementara itu beberapa proses dilaksanakan terkait dengan pendaftaran pernikahan di KUA Singkep Pesisir. Hal tersebut meliputi pemeriksaan berkas calon pengantin, wali nikah, dan penasihatan oleh kepala KUA serta penyuluhan kesehatan reproduksi dan kesehatan yang diberikan oleh pihak Puskesmas. (Im).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *