BPMP Gelar Bimtek Pemulihan dan Transformasi Pembelajaran di Kabupaten Lingga

Lingga106 Views
banner 468x60

Selingga.com (26/10) Daik. Dalam rangka pemulihan dan transformasi pembelajaran di Kabupaten Lingga, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Kepulauan Riau menyelenggarakan program penuntasan pemulihan pembelajaran sekaligus transformasi pembelajaran melalui penguatan literasi. Rabu (25/10/2023)

Program pemulihan dan transformasi pembelajaran diawali dengan kegiatan Bimbingan Teknis bagi 53 Sekolah Dasar Kabupaten Lingga.

Dalam laporan kegiatan, Ketua Kelompok Kerja (Kapokja) Komunikasi, Kemitraan, dan Pemberdayaan BPMP Provinsi Kepulauan Riau, Dr. Roni Indra, S.Sos., M.Pd., menyampaikan bimbingan teknis dilaksanakan BPMP kepada Kepala SD dan guru yang menangani kurikulum di 53 SD sasaran.

Lebih lanjut, Roni mengatakan bimtek bertujuan untuk membimbing peserta agar memahami dan melaksanakan strategi pembenahan literasi melalui pembelajaran dan asesmen, lingkungan belajar, dan pemanfaatan komunitas belajar.

Bimtek ini dilaksanakan selama empat hari setara 22 jam pelajaran bertempat di Hotel Lingga Pesona, Daik, Lingga.

Dalam acara pembukaan ini, hadir secara langsung Bupati Lingga, M. Nizar, S.Sos., Bunda PAUD, Maratusholiha Nizar, Kepala BPMP Provinsi Kepulauan Riau, Warsita, S.S., M.Pd., dan Sekretaris Disdikpora Kabupaten Lingga, Yuherman Susilo, M.Pd.

Dalam sambutannya, Kepala BPMP Provinsi Kepulauan Riau mengatakan bahwa Kabupaten Lingga adalah salah satu lokus Pemulihan dan Transformasi Pembelajaran Tahun 2023.

“indeks literasi di Kabupaten Lingga harus ditingkatkan, pada tahun 2023 ini Kabupaten Lingga menjadi lokus pemulihan dan transformasi pembelajaran.” Ujar Warsita.

Beliau menambahkan bimbingan Teknis yang dilaksanakan saat ini merupakan salah satu solusi untuk pembenahan literasi di satuan Pendidikan, dan diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada satuan Pendidikan bagaimana cara untuk memotivasi siswa, dan memanfaatkan bahan bacaan yang ada di satuan Pendidikan masing-masing.

Baca juga :   Kunjungi Desa Persiapan Berjong, Bupati Lingga Pastikan PLN Masuk Dusun  

Kemudian dalam kesempatan ini, bunda PAUD Kabupaten Lingga menyampaikan kepada Kepala Sekolah dan Guru yang hadir pada kegiatan ini, bahwa patut bersyukur, dengan adanya kegiatan ini akan dapat meningkatkan kompetensi para guru di sekolah.

Bunda PAUD juga mengatakan cara mengajar guru di masa lampau tidak bisa disamakan lagi untuk mengajar anak-anak saat ini.

“Perkembangan teknologi sangat berpengaruh pada cara mengajar siswa. Saat ini semua serba menggunakan teknologi” ujarnya.

Bunda PAUD juga mengharapkan semua peserta yang di undang agar bersemangat dalam menerima materi, sehingga dapat di terapkan di sekolah masing-masing.

Usai sambutan Bunda Paud Kabupaten Lingga, kegiatan dibuka langsung secara resmi oleh Bupati Lingga kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama dengan para narasumber dan peserta Bimtek ini.(red/rls)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *