Disnakertrans Lingga Tutup Pelatihan Pembuatan Tudung Manto

Lingga143 Views
banner 468x60

Selingga.com (30/11) Dabo. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lingga telah menyelesaikan kegiatan Pelatihan Pembuatan Tudong Manto bagi Tenaga Kerja Mandiri Gelombang ke-2 Tahun 2022. Sebelumnya kegiatan pelatihan pembuatan tudong manto tersebut, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lingga bekerja sama dengan pihak Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Lingga. Kegiatan penutupan kegiatan dilaksanakan pada Rabu (30/11) tadi di Gedung PSMTI, Dabo Singkep, Kabupaten Lingga.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lingga, Sabirin yang saat itu didampingi oleh Sekretaris Dekranasda Kabupaten Lingga, Sutarman, usai kegiatan mengatakan kalau kegiatan pembuatan tudong manto gelombang kedua tersebut sebelumnya diikuti sebanyak 15 orang peserta.

“Di awal tahun kemarin kita mulai dari 10 orang, kemudian di penutup tahun ini meningkat sebanyak 15 orang. Tentunya kami ucapkan terima kasih juga kepada Dekranasda Kabupaten Lingga yang selama ini mendampingi kami melalui sekretarisnya Sutarman. Tentunya ini juga merupakan apresiasi kami kepada pihak Dekranasda Lingga, selain itu juga kepada Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga untuk kerja samanya,” kata Sabirin.

Disnakertrans Lingga Tutup Pelatihan Pembuatan Tudung Manto

Sabirin juga menambahkan kalau pihaknya akan berkolaborasi dengan Dinas Perdagangan terkait dengan pemasaran untuk tudong manto nantinya.

“Setelah kami melakukan pelatihan, untuk seterusnya nanti ini bisa semakin berkembang dan maju. Terkait dengan minat tudong manto ini, kami akan berkolaborasi dengan Dinas Perdagangan supaya mencari pemasarannya. Selain itu tindak lanjut terkait dengan pelatihan ini dipantau agar tidak terhenti pada hari ini saja,” kata Sabirin.

Disnakertrans Lingga Tutup Pelatihan Pembuatan Tudung Manto

Sabirin mengatakan kalau selama berjalannya pelatihan tersebut, para peserta sangat antusias mengikuti arahan dari para instruktur yang ada saat itu.

“Para instruktur yang ada telah memberikan arahan dan ilmunya dari awal. Kalau kami pantau, setiap hari mereka melatih, alhamdulillah peserta sangat antusias dan kemudian ilmu yang diberikan itu sangat mudah untuk diterima oleh para peserta,” jelas Sabirin.

Baca juga :   Puluhan Petugas Medis Dabo Lakukan Pengambilan Sample Swab
Disnakertrans Lingga Tutup Pelatihan Pembuatan Tudung Manto

Terakhir, Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lingga ini mengatakan kalau untuk peminat tudong manto saat ini terlihat sangat tinggi.

“Tentunya seperti yang sudah-sudah dan seperti tahun sebelumnya, setelah pelatihan ini, dari Dinas Perindag akan memantau agar pelatihan ini akan terus dilaksanakan karena pemesanan-pemesanan terhadap tudung manto ini sangat luar biasa. Malah hari ini fasilitas atau pekerja yang ada dengan jumlah pemesanan, baik dari dalam maupun dari luar, terkadang mereka (pekerja-red) harus berlomba dengan waktu untuk mengerjakan ini,” kata Sabirin. (Im).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *