Dua Pelajar SMPN 2 Singkep Lolos Wakili Kepri di Ajang KSN

Lingga115 Views
banner 468x60

Selingga.com (22/10) Dabo. Dua orang pelajar SMP Negeri 2 Singkep, Kabupaten Lingga berhasil lolos seleksi dan ditetapkan sebagai perwakilan Provinsi Kepri dalam Kompetisi Sains Nasional (KSN) tahun 2021 setelah sebelumnya mengikuti seleksi berjenjang yang digelar oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Lingga, Drs. Junaidi Adjam, mengatakan kalau terpilihnya pelajar Kabupaten Lingga untuk mewakili Provinsi Kepri pada KSN Tingkat Nasional ini diketahui setelah pihaknya menerima Surat Keputusan Kepala Pusat Prestasi Nasional Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

“Informasi lolosnya pelajar SMPN 2 Singkep sebagai perwakilan Provinsi Kepri dalam KSN Tingkat Nasional Tahun 2021 ini kami ketahui setelah menerima Surat Keputusan Kepala Pusat Prestasi Nasional Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor: 2458/J3/DM.01.03/2021. Dalam lampirannya tertera pelajar dari SMPN 2 Singkep, Kabupaten Lingga bernama Lywenda Marco Winatha lolos seleksi di bidang Matematika dan Windi Anggraini lolos seleksi di bidang Mata pelajaran IPS,” kata Junaidi dalam rilis yang ada.

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Lingga, Drs. Junaidi Adjam. (Foto : istimewa)

Terkait hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Lingga dan pihak Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga memberikan apresiasi atas keberhasilan pelajar dari Lingga ini, untuk kemudian mewakili Provinsi Kepri di ajang KSN Tingkat Nasional Tahun 2021.

“Alhamdulillah kita bangga dengan prestasi yang telah diraih, sekaligus telah membawa harum nama Kabupaten Lingga di tingkat provinsi dan tingkat nasional. Beberapa waktu silam sebelumnya, pelajar kita dari MTs Aqidatunnajim Daik Lingga atas nama Fadira Rahadatul Aisy juga sukses meraih peringkat pertama pada Kompetensi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi Kepri Tahun 2021 dan kemudian sekaligus mewakili Provinsi Kepri ke tingkat nasional di ajang Kompetensi Sains Madrasah untuk cabang IPA, sekarang datang lagi kabar baik dari dua orang pelajar di SMPN 2 Singkep yang sukses seleksi dan akan mewakili provinsi Kepri di KSN Nasional,” papar Junaidi.

Baca juga :   Teddy Jun Askara Lakukan Kunjungan Kerja di 3 Sekolah di Kabupaten Lingga
Pelajar dari SMPN 2 Singkep, Kabupaten Lingga bernama Lywenda Marco Winatha lolos seleksi di bidang Matematika dan Windi Anggraini lolos seleksi di bidang Mata pelajaran IPS. (Foto : istimewa)

Junaidi menambahkan kalau prestasi yang diraih tersebut dapat juga memberikan motivasi bagi kalangan guru sebagai tolak ukur nantinya.

“Tentunya prestasi yang telah diraih akan memberi motivasi bagi guru dan pelajar se-Kabupaten Lingga untuk dijadikan tolak ukur bahwa walaupun Kabupaten Lingga merupakan wilayah kepulauan, tapi masih mampu untuk bersaing dengan kabupaten/kota lain yang ada di Provinsi Kepri,” kata Junaidi.

Junaidi juga berencana untuk memberikan reward kepada pelajar bersangkutan.

“Sungguh sangat membahagiakan dan membanggakan dan tentunya pemerintah daerah dan pihak Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Lingga akan memberikan reward serta penghargaan bagi pelajar-pelajar tersebut,” kata Junaidi.

Selain itu, Junaidi mengatakan kalau KSN Tahun 2021 untuk jenjang SD ataupun SMP ini dilakukan secara virtual (online) dengan teknis pelaksanaan dan tidak lagi dilakukan secara berjenjang.

Dua Pelajar SMPN 2 Singkep Lolos Wakili Kepri di Ajang KSN. (Foto : istimewa)

“Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional tahun 2021 untuk jenjang SD ataupun SMP ini dilakukan secara virtual (online) dengan teknis pelaksanaan tidak dilakukan secara berjenjang, baik itu tingkat kabupaten maupun provinsi. Adapun pelaksanaannya dilakukan langsung oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Untuk tingkat SD pelaksanaannya hanya satu kali, yaitu mewakili kabupaten dengan penilaian dilakukan langsung oleh Puspresnas. Sedangkan tingkat SMP, dilakukan dua kali babak penyisihan. Penyisihan pertama menentukan perangkingan tingkat kabupaten. Selanjutnya penyisihan kedua kemarin dilaksanakan serentak pada tanggal 11 Oktober 2021 untuk menentukan perangkingan tingkat provinsi. Jadi, sekarang tinggal tingkat nasional saja lagi”, papar Junaidi. (rilis).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *