Gerakan Pramuka Pangkalan SMPN 1 Singkep Barat Gelar Penilaian Pramuka

Lingga342 Views
banner 468x60

Selingga.com (21/03) Dabo. Gerakan Pramuka Gugus Depan Lingga 05.029 dan 05.030 yang berpangkalan di SMP Negeri 1 Singkep Barat, Kamis (21/03) tadi menggelar penilaian Pramuka Golongan Penggalang yang diakhiri dengan kegiatan pembagiaan takjil dan berbuka puasa bersama.

Erniati, S. Pd. Mat., selaku Kambigus Pangkalan SMP Negeri 1 Singkep Barat mengatakan kalau kegiatan penilaian Pramuka Garuda Golongan Penggalang yang digelar pihaknya pada tahun ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya.

“Penilaian Pramuka Garuda Golongan Penggalang yang kami gelar tahun ini memang sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Karena pelaksanaanya bertepatan dengan bulan puasa, jadi kami bersama adik-adik dan pengurus Gugus, berinisiatif untuk menyelingi kegiatan tersebut dengan berbagi takjil serta ditutup dengan berbuka puasa bersama,” ujar Erni

Gerakan Pramuka Pangkalan SMPN 1 Singkep Barat Gelar Penilaian Pramuka. (foto : istimewa)

Erni menambahkan kalau pada tahun ini, kegiatan penilaian Pramuka Garuda Golongan Penggalang dikuti sebanyak 16 orang peserta didik. Selain itu, proses penilaiannya juga ditinjau langsung oleh tim Kwarcab Lingga dan Kwarran Singkep Barat.

“Pada tahun ini penilaian Pramuka Garuda Golongan Penggalang yang kami gelar diikuti 16 orang peserta. Dimana terdiri dari 9 orang putra dan 7 orang putri. Kemudian proses pelaksanaan penilaian tadi juga ditinjau langsung oleh tim Kwartir Cabang Lingga dan Kwartir Ranting Singkep Barat,” kata Erni.

Ditambahkan Erni, kegiatan penilaian Pramuka Garuda ini memang sudah menjadi program rutin di Dugus Depan.

“Kegiatan penilaian Pramuka Garuda Golongan Penggalang ini memang sudah menjadi program rutin yang ada di Gugus Depan Lingga 05.029 dan 05.030 yang berpangkalan di SMP Negeri 1 Singkep Barat ini. Adapun penilaian Pramuka Garuda ini kami berikan kepada adik-adik yang dinilai sudah layak serta telah menyelesaikan SKU maupun SKK penggalangnya,” papar Erni.

Baca juga :   Duta Baca Indonesia Gol A Gong Temui Pegiat Literasi di Kabupaten Lingga

Untuk tim penilainnya dijelaskan Erni, bahwa pihaknya tetap berpegang pada prosedur yang ada.

Gerakan Pramuka Pangkalan SMPN 1 Singkep Barat Gelar Penilaian Pramuka. (foto : istimewa)

“Untuk tim penilaianya, tentunya kami tetap berpegang pada prosedur yang ada. Yaitu terdiri dari unsur Kwarran, unsur Komite yang berperan sebagai tokoh masyarakat, serta pembina yang berasal dari Gugus Depan kami sendiri. Begitu juga dengan proses usulannya yang dimulai dari usulan ke tingkat Kwarran Singkep Barat yang diteruskan ke Kwarcab Lingga sebagai pihak yang berwenang mengeluarkan SK tim penilai pramuka garuda tersebut,” jelas Erni.

Saat di wawancarai Erni juga tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat. Mulai dari proses penilaian Pramuka Garuda, pembagian takjil hingga kegiatan berbuka puasa bersama.

“Saya selaku Kamabigus mengucapkan terimakasih khususnya kepada seluruh pembina Gugus Depan, orang tua, tim penilai, Ketua Kwarran Singkep Barat dan tim peninjau Kwarcab Lingga. Karena telah hadir mulai dari proses penilaian Pramuka Garuda, berbagi takjil hingga berbuka puasa bersama. Mudah-mudahan kegiatan ini memberikan keberkahan serta meningkat mutu kegiatan kepramukaan di pangkalan kami,” kata Erni. (Im).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *