Kominfo Lingga Laksanakan Bimtek SPBE V.2

Lingga278 Views
banner 468x60

Selingga.com (11/06). Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Lingga, Izjumadillah, S.Pd, secara resmi membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Arsitektur (SIA) SPBE V.2 di Media Center Kabupaten Lingga pada hari Senin, 10 Juni 2024. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka penerapan Integrasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang bertujuan mendukung keterpaduan Layanan Digital Nasional melalui penyusunan Arsitektur SPBE di setiap instansi pusat maupun pemerintah daerah.

Bimtek yang akan berlangsung selama tujuh hari, mulai dari 10 hingga 20 Juni 2024, diikuti oleh seluruh Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Lingga. Dalam sambutannya, Kepala Diskominfo Lingga, Izjumadillah, menyampaikan pentingnya Tata Kelola SPBE untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, akuntabel, serta memberikan pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

“Tata Kelola SPBE bertujuan untuk memastikan penerapan unsur-unsur SPBE secara terpadu. Salah satu unsur penting dalam SPBE adalah Arsitektur SPBE. SIA Versi 2 SPBE merupakan sebuah aplikasi yang membantu Kabupaten kita dalam perencanaan, pembangunan, dan pengelolaan SPBE secara terintegrasi,” ujar Izjumadillah.

Izjumadillah juga menjelaskan beberapa keunggulan dari aplikasi SIA SPBE V.2, di antaranya:

  • Memastikan semua kegiatan perencanaan berlandaskan pada arsitektur SPBE, termasuk aplikasi, infrastruktur, dan keamanan.
  • Membantu dalam evaluasi Reformasi Birokrasi (RB) dan belanja Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
  • Membantu dalam penyusunan anggaran yang lebih efisien.

Lebih lanjut, Kepala Diskominfo berharap melalui Bimtek ini, Pemerintah Daerah dapat menggunakan aplikasi SIA SPBE V.2 terbaru untuk menyusun Arsitektur SPBE di masing-masing perangkat daerah.

“Harapan kami, setelah Bimtek SIA SPBE V.2 ini, Kabupaten Lingga dapat meningkatkan tata kelola SPBE yang lebih baik dan efisien. Kami juga berharap Peta Rencana SPBE Kabupaten Lingga dapat tersusun dan termanajemen dengan baik, serta mendukung tercapainya target Reformasi Birokrasi di Kabupaten Lingga,” pungkasnya.

Baca juga :   Kepala DKPPKB Lingga,"Kalau itu dipersoalkan,saya tidak sanggup"

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam pengelolaan pemerintahan berbasis elektronik di Kabupaten Lingga, sehingga dapat menciptakan pelayanan publik yang lebih baik dan terpercaya. (red)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *