Lingga Runner Up I Putri dan Best Costum Putra-Putri pada Pemilihan Duta GenRe Provinsi Kepri

Lingga Runner Up I Puteri dan Best Costum Putera-Puteri pada Pemilihan Duta GenRe Provinsi Kepri

Selingga.com (25/09) Dabo. Dalam rangka merespon permasalahan remaja saat ini, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) terus mengembangkan program Generasi Berencana (GenRe). Saat ini, BKKBN Provinsi Kepulauan Riau bekerja sama dengan OPDKB dan Forum GenRe Kabupaten/Kota, melakukan pemilihan Duta GenRe Kepulauan Riau Tahun 2020 yang dilaksanakan secara virtual dan diikuti oleh 7 kabupaten/kota se-Provinsi Kepri dengan menggelar Jambore Ajang Kreativitas Virtual dan Apresiasi Duta GenRe Virtual Kepulauan Riau 2020. Dalam ajang pemilihan Duta GenRe Provinsi Kepri Tahun 2020, pada Kamis (24/09) tadi, Kabupaten Lingga keluar sebagai juara II. Kabid Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana di Dinkes PPKB Kabupaten Lingga, Lians Dwi Santy, usai final pemilihan Duta GenRe Provinsi Kepri yang dilaksanakan secara virtual di Hotel Gapura, Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, mengatakan kalau kegiatan tersebut dapat menjadi motivasi bagi adik-adik kalangan pelajar.

“Alhamdulillah Kabupaten Lingga dapat nominasi juara II, runner up I untuk putrinya, Yolanda. Kemudian untuk busana terbaik, kita meraih juara I. Kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi adik-adik, bahwa meskipun kita di daerah, kita masih bisa berkarya melalui ajang-ajang yang ada. Untuk pemilihan Duta GenRe di Kabupaten Lingga, kita lakukan selama 3 hari, dari tanggal 22-24 September 2020 yang dilaksanakan di Hotel Gapura, Dabo Singkep. Adapun Duta GenRe untuk Kabupaten Lingga yang terpilih melalui seleksi yang ada adalah satu orang siswa dari SMA Negeri 2, Yolanda dan SMA Negeri 1 Lingga, Rovy,” kata Lians Dwi Santy.

Lingga Runner Up I Puteri dan Best Costum Putera-Puteri pada Pemilihan Duta GenRe Provinsi Kepri

Dalam pemilihan Duta GenRe tersebut, Lians Dwi Santy mengatakan kalau seleksi dilakukan dengan tes wawancara dan tertulis.

“Untuk pemilihan Duta GenRe ini, dilakukan selama 3 hari dengan melalui tes wawancara dan tes tertulis. Untuk tahun ini, kita lakukan secara virtual karena adanya pandemik Covid-19. Sebelumnya kita lakukan dengan kumpul semuanya se-kabupaten Kepulauan Riau di provinsi. Tetapi karena pandemik ini, dilakukan secara virtual yang dilakukan di 7 kabupaten/kota,” kata Lians Dwi Santy.

Sementara itu di tempat yang sama, Duta GenRe Kepulauan Riau, Denessa Ekalista yang merupakan perwakilan dari Lingga sebelumnya, berharap Duta GenRe yang terpilih untuk Tahun 2020 ini, bisa menjalankan program yang ada dengan sebaik mungkin.

Duta GenRe Kepulauan Riau, Denessa Ekalista

“Saya selaku Duta GenRe Kepulauan Riau Tahun 2019, mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang dan juara finalis, baik dari Kabupaten Lingga maupun kabupaten se-Kepulauan Riau lainnya. Semoga dengan terpilihnya kita sebagai duta, kita bisa melakukan tanggung jawab kita sebagai duta dengan menjalankan program yang ada sebaik-baiknya serta menyebarkan virus-virus genRe sebanyak-banyaknya, khususnya untuk remaja di Kepulauan Riau,” kata Dennesa Ekalista.

Terakhir, Denessa juga berharap, Duta GenRe Provinsi Kepri nantinya bisa melanjutkan hingga ke tingkat nasional.

“Saya selaku Duta GenRe Kepulauan Riau Tahun 2019 merasa sangat bangga dengan jalannya pemilihan Duta GenRe Tahun 2020 ini. Walaupun dilakukan secara virtual, kita bisa memilih Duta GenRe yang nantinya bisa mewakili Kepulauan Riau untuk melanjutkan dan mewakili Kepulauan Riau ke tingkat nasional,” kata Dennesa.

Untuk Duta GenRe Putra Kepulauan Riau 2020 dari Tanjunpinang, dengan nama peserta Darmawan Syah. Posisi Runner Up I adalah David Qori’ Alfathoni dari Karimun dan diikuti Alfan Luthfi Khikam dari Bintan sebagai Runner Up 2.

Untuk Duta Genre Putri Kepulauan Riau 2020, juara I adalah Syafira Nihla Namira dari Tanjungpinang, Runner Up 1, Asterela Yolanda dari Lingga, dan diikuti oleh Deby Suryani dari Anambas sebagai Runner Up 2.

Juara Favorit jatuh pada
Syafira Nihla Namira asal Tanjungpinang. Untuk Best Costum Putra diraih oleh Rovy Saputra Nugeraha, dari Lingga dan Best Costum Putri diraih oleh Asterela Yolanda dari Lingga. Untuk Best Performance diraih Edi Putra Yuni dari Anambas. Sedangkan untuk Best Video Introduction diraih oleh Darmawan Syah dari Tanjungpinang. Terakhir untuk Program Unggulan Terinspiratif diraih oleh Syafira Nihla Namira dari Tanjungpinang.

Lingga Runner Up I Puteri dan Best Costum Putera-Puteri pada Pemilihan Duta GenRe Provinsi Kepri

Program GenRe sendiri adalah program yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi pemahaman tentang pendewasaan Usia Perkawinan, sehingga mampu melangsungkan jenjang pendidikan, karir, dan menikah, secara terencana. Untuk meningkatkan sosialisasi dan promosi program GenRe, khususnya dalam pengembangan Pusat Informasi dan Konseling- Remaja (PIK-R) sebagai wadah pelayanan informasi dan konseling, maka dibutuhkan figur motivator dari kalangan remaja. Figur motivator inilah yang akan menjadi Duta GenRe. (Im).

Read Previous

Bupati Lingga Lantik Samsudi Sebagai PJ Sekda Lingga

Read Next

Bawaslu Lingga Gelar Rakor Pembentukan Pokja Pencegahan Covid-19 pada Pilkada Lingga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *