Pembukaan STQ IX Tahun 2021 Kecamatan Singkep Digelar dengan Sederhana dan Terbatas

Lingga55 Views
banner 468x60

Selingga.com (19/02) Dabo. Pembukaan STQ IX tahun 2021 di Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga digelar pada Kamis (18/02) malam tadi. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pembukaan STQ IX tingkat Kecamatan Singkep kali ini digelar dengan sangat sederhana. Camat Singkep, Agustiar, mengatakan kalau kegiatan yang digelar secara sederhana di halaman dalam kantor Kecamatan Singkep itu sesuai dengan hasil rapat sebelumnya serta terkait dengan masih adanya pandemik Covid-19 sampai saat ini. Tahun ini, STQ IX tingkat Kecamatan Singkep ini mengusung tema “Dengan Seleksi Tilawatil Quran Kita Jadikan Alquran sebagai Pedoman dan Solusi Menghadapi Persoalan Umat di Masa Pandemik Menuju Masyarakat yang Beriman dan Bertakwa”.

“Atas nama Pemerintahan Kecamatan Singkep dan saya selaku Camat Singkep menyampaikan kepada masyarakat Kecamatan Singkep, pertama, saya mohon maaf karena kegiatan STQ IX tahun 2021 di Kecamatan Singkep ini kami gelar di halaman Kantor Kecamatan Singkep dikarenakan saat ini kita masih dalam masa pandemik Covid-19. Kemudian sesuai juga dengan hasil rapat kami di tingkat kabupaten bahwa kegiatan Seleksi Tilawatil Quran baik di tingkat desa, kecamatan maupun di tingkat kabupaten dibuat sesederhana mungkin,” kata Agustiar.

Pembukaan STQ IX Tahun 2021 Kecamatan Singkep Digelar dengan Sederhana dan Terbatas

Agustiar menjelaskan kalau dalam pelaksanaan pembukaan STQ IX tingkat Kecamatan Singkep saat itu meniadakan beberapa kegiatan acara seperti yang sering digelar saat pembukaan pada tahun-tahun sebelumnya. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari adanya kerumunan yang akan muncul.

“Di sini ada beberapa kegiatan yang tidak kami lakukan, seperti pawai taaruf, malam taaruf, paduan suara, dan pengerekan bendera LPTQ. Itu tidak kita lakukan mengingat akan ada kerumunan-kerumunan nantinya yang akan muncul, terutama pada paduan suara sehingga dengan ditambah jumlah undangan akan melebihi dari standar protokol kesehatan,” jelas Agustiar.

Baca juga :   Bupati Gelar Buka Bersama Dengan Insan Pers
Pembukaan STQ IX Tahun 2021 Kecamatan Singkep Digelar dengan Sederhana dan Terbatas

Camat Singkep ini menambahkan kalau dalam pelaksanaan STQ IX tingkat Kecamatan Singkep kali ini hanya menghadirkan dewan juri, peserta STQ, dan panitia pelaksana kegiatan saja.

“Kegiatan ini tetap kita laksanakan, tetapi yang hadir pada kegiatan ini dewan juri dan peserta yang ikut lomba saja ditambah dengan pihak panitia yang membantu untuk menyukseskan kegiatan ini,” kata Agustiar.

Pembukaan STQ IX Tahun 2021 Kecamatan Singkep Digelar dengan Sederhana dan Terbatas

Agustiar berharap dari Seleksi Tilawatil Quran tingkat Kecamatan Singkep ini, peserta yang mewakili Kecamatan Singkep nantinya bisa berhasil di tingkat Kabupaten Lingga.

“Kita berdoa mudah-mudahan kegiatan ini tetap terlaksana dan mendapat rida dari Allah SWT. Sekali lagi saya mohon maaf kepada masyarakat yang tidak dapat menyaksikan kegiatan ini dan kami minta doanya untuk anak-anak kita supaya berhasil di tingkat kabupaten. Harapan kami, Kecamatan Singkep tetap berusaha untuk menjadi pemenang nantinya,” kata Agustiar.

Sementara itu, ketua pelaksana STQ IX tingkat Kecamatan Singkep, Kezzy Delfi, yang juga merupakan Ketua LPTQ Kecamatan Singkep, mengatakan kalau tujuan dari digelarnya kegiatan STQ IX tingkat Kecamatan Singkep tersebut sebagai tahapan untuk mengikuti STQ tingkat Kabupaten Lingga nantinya.

Pembukaan STQ IX Tahun 2021 Kecamatan Singkep Digelar dengan Sederhana dan Terbatas

“Pada malam ini kita mengadakan pembukaan STQ tingkat Kecamatan Singkep yang ke-IX. Adapun tujuan dari pelaksanaan STQ tingkat Kecamatan Singkep ini sebagai tahapan untuk menuju jenjang STQ tingkat Kabupaten Lingga yang akan dilaksanakan pada tanggal 11 Maret 2021 nanti,” kata Kezzy Delfi.

Selain itu, diharapkan juga dari kegiatan STQ IX tingkat Kecamatan Singkep ini para peserta dapat mengukir prestasi yang baik nantinya di tingkat Kabupaten Lingga.

“Harapan kami terhadap kegiatan ini agar para peserta dapat mengukir prestasi yang lebih baik pada seleksi di tingkat kabupaten. Kemudian juga merupakan tolak ukur pada kami untuk meningkatkan pembinaan pada tahun-tahun berikutnya. Adapun nomor lomba yang kami adakan adalah untuk tilawah dewasa, tilawah remaja, tilawah anak, hafalan 1 juz, tartil, fahmil Quran dan syarhil Quran,” kata Kezzy.

Baca juga :   Dinkes PPKB Lingga Gelar Pertemuan Pengurus PIKR se-Kabupaten Lingga

Terakhir, Kezzy Delfi tetap mengingatkan agar para peserta, panitia dan dewan juri selalu menerapkan protokol kesehatan yang ada.

“Kami mengimbau kepada peserta, panitia, dan dewan hakim agar tetap mematuhi protokol kesehatan karena saat ini kita masih di masa pandemik,” kata Ketua LPTQ Kecamatan Singkep ini. (Im).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *