Pemilu Raya di SMA Negeri 2 Singkep

Lingga1420 Views
banner 468x60

Selingga.com (11/10) Dabo. Pada Selasa, 10 Oktober 2023, SMA Negeri 2 Singkep menyelenggarakan Panen Karya Projek Penguatan Profil Pancasila (P5) dengan tema “Suara Demokrasi” dan topiknya “Suaramu Menentukan Langkahmu” di halaman upacara SMA Negeri 2 Singkep. Kegiatan ini sudah dimulai sejak 2 Oktober 2023 hingga puncak kegiatan pada 10 Oktober 2023 tadi. Adapun kegiatan puncak setelah pembukaan kegiatan adalah dengan menampilkan senam Profil Pelajar Pancasila sekaligus yel-yel, tepuk P5, dan visi SMA Negeri 2 Singkep oleh peserta didik kelas X yang dibina oleh Ferry, S. Pd. dan Triani Yunita, S. Si., dilanjutkan pembacaan doa oleh Syafitriandy, S. Pd. I. kemudian kata sambutan oleh Waka Kurikulum SMA Negeri 2 Singkep, Elsusanti, S. E. dan kata sambutan Ketua Komite Sekolah yang juga sebagai wali murid, Nur Hitam dan sekaligus membuka kegiatan hari ini. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan penampilan atraksi P5 dari anggota ekstrakurikuler seni SMA Negeri 2 Singkep, dan panggung orasi dengan berbagai tema, antara lain “Anti Seks Bebas, Anti Kekerasan/Stop Bullying di Sekolah, Prestasi Yes Narkoba No, Pentingnya Sarana dan Prasarana di Sekolah, Pentingkan Adab sebelum Ilmu, Literasi yang Rendah di Lingkungan Sekolah, dan Anti Golput” yang disampaikan oleh perwakilan dari masing-masing kelas X kemudian dilanjutkan kunjungan ke stan-stan pameran karya P5.

Ketua Panitia Pelaksana sekaligus Waka Kurikulum SMA Negeri 2 Singkep, Elsusanti, S. E. mengatakan kalau kegiatan kemudian dilanjutkan dengan menggelar Pemilihan Raya Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMA Negeri 2 Singkep periode 2023-2024.

“Adapun kegiatan hari ini dimulai dengan adanya panggung orasi dan disertai dengan stan-stan khas hasil Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang telah dibikin oleh siswa dan diakhiri dengan pemilihan Ketua dan Wakil OSIS SMA Negeri 2 Singkep,” kata Elsusanti.

Baca juga :   Kepala UPP Kelas II Dabo," Saya Akan Minta Tim Untuk Menghitung Berapa Kerugian Dari Dermaga Ini"
Pembina OSIS SMA Negeri 2 Singkep, Robby Zuhendra, S. Pd.

Dengan digelarnya kegiatan tersebut, Elsusanti berharap para peserta didik mereka memiliki karakter Profil Pelajar Pancasila.

“Harapan kami dengan adanya kegiatan ini mudah-mudahan siswa-siswi SMA Negeri 2 Singkep memiliki karakter yang berdasarkan 6 dimensi Profil Pelajar Pancasila, di antaranya, yaitu beriman, berakhlak mulia, bernalar kritis, serta bisa bergotong royong, dan berkebhinekaan global,” kata Elsusanti.

Dalam jalannya pemilihan saat itu, semua warga SMA Negeri 2 Singkep menggunakan hak pilih suara mereka untuk memilih Ketua OSIS dan Wakil Ketua OSIS yang sesuai dengan kriteria kandidat Ketua OSIS dan Wakil Ketua OSIS pilihan mereka. Ada 5 kandidat Ketua OSIS dan Wakil Ketua OSIS, yaitu untuk nomor urut 1 atas nama Nelson Fernando dan Ragyl Akbar Ramadan, nomor urut 2 atas nama Sherrina Hardianto Putri dan Nur Aisyah, nomor urut 3 atas nama Lywenda Marco Winata dan Tiara Anisda Rahmadani, nomor urut 4 atas nama Resmi Nauli dan Andhira Difa Ramadhani, dan nomor urut 5 atas nama Iklas dan Fitri Clara Herjuwita.

Pemilu Raya di SMA Negeri 2 Singkep

Sementara itu Pembina OSIS SMA Negeri 2 Singkep, Robby Zuhendra, S. Pd. mengatakan kalau dalam jalannya pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS saat itu digelar seperti pemilihan pada umumnya saat Pemilu.

“Pada hari ini, Selasa (10/10) bertepatan dengan aksi nyata Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau P5, SMA Negeri 2 Singkep mengambil tema “Suara Demokrasi”. Salah satu projeknya adalah memilih Ketua dan Wakil Ketua OSIS periode 2023-2024. Di sini kami membuat TPS seperti Pemilu sungguhan, sehingga anak-anak bisa menyuarakan hak pilih mereka,” kata Robby Zuhendra.

Robby Zuhendra berharap para peserta didik dapat mengembangkan bakat yang ada dan berkreativitas dalam mengeluarkan pendapatnya.

“Harapan kami dengan melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini, anak-anak bisa mengembangkan bakat mereka dengan berkreativitas mengeluarkan pendapat mereka. Selain itu, juga menyuarakan hak pilih mereka melalui pesta demokrasi di sekolah,” kata Robby Zuhendra.

Baca juga :   Puluhan Jurnalis Ikuti UKW yang Digelar PWI Pusat di Kepri
Pemilu Raya di SMA Negeri 2 Singkep

Pemilihan dilakukan layaknya Pemilu di Indonesia, yaitu dengan menggunakan surat suara yang terdapat foto pasangan kandidat beserta nomor urutnya, bilik suara, kotak suara, dan tanda jari yang dicelup ke tinta berwarna biru bagi warga SMA Negeri 2 yang sudah memberikan hak suaranya.

Adapun kelima kandidat tersebut pada Jumat dan Senin, 6 dan 9 Oktober 2023 telah melakukan kampanye dan debat untuk memperkenalkan visi, misi, dan program mereka jika nanti terpilih menjadi Ketua OSIS dan Wakil Ketua OSIS.

Pemilu Raya di SMA Negeri 2 Singkep

Ketua OSIS dan Wakil Ketua OSIS SMA Negeri 2 Singkep yang terpilih untuk periode 2023-2024, yaitu pasangan dengan nomor urut 3, Lywenda Marco Winata dan Tiara Anisda Rahmadani.

Kegiatan ini dihadiri oleh semua civitas akademika SMA Negeri 2 Singkep, Ketua Komite SMA Negeri 2 Singkep, tim KPU dan Bawaslu Kabupaten Lingga, kepala sekolah atau wakil dari SMP dan SMA/SMK sederajat, dan para orang tua/wali siswa. (Im).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *