Penilaian Calon Penegak Garuda di Pangkalan SMA Negeri 2 Singkep

Singkep152 Views
banner 468x60

Selingga.com (25/05) Dabo. Pangkalan SMA Negeri 2 Singkep, Gugus Depan 01.037-01.038 menyelenggarakan kegiatan Penilaian Calon Penegak Garuda 2023 di ruang serbaguna SMA Negeri 2 Singkep pada Kamis, 25 Mei 2023. Pembina Pramuka di pangkalan SMA Negeri 2 Singkep, Riza Andriani, S. Pd. mengatakan kalau jalannya kegiatan penilaian calon Penegak Pramuka Garuda tersebut diikuti sebanyak 10 calon peserta.

“Pada hari ini kami pangkalan SMA Negeri 2 Singkep Gugus Depan 01.037-01.038 menyelenggarakan kegiatan penilaian calon Penegak Pramuka Garuda sebanyak 10 orang. Kegiatan ini mengundang tim penilai dari unsur pembina Pramuka, unsur Kwarran, tim komite, dan dari tim perwakilan orang tua siswa,” kata Riza Andriani.

Ada beberapa kriteria penilaian yang dilakukan untuk menjadi Penegak Garuda, di antaranya peserta harus memahami tentang
UUD 1945, UU Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, SKU, SKK, saka dan membantu Gudep, mampu mengoperasikan komputer dan internet, mampu menggunakan bahasa internasional, menguasai teknologi tepat guna, dan menjadi penabung aktif, berpartisipasi dalam
kegiatan peduli lingkungan, dan memahami tentang seni budaya.

Pembina Pramuka di pangkalan SMA Negeri 2 Singkep, Riza Andriani, S. Pd.

“Ada 11 item penilaian Pramuka Garuda, dari bagaimana siswa menjadi teladan yang baik di rumah, kemudian bagaimana juga bisa berbahasa Inggris sebagai perwakilan bahasa internasional. Kemudian bagaimana dapat menggunakan teknologi dengan baik dan memahami SKU dan SKK yang merupakan syarat untuk menjadi Pramuka Garuda,” kata Riza Andriani.

Selain memahami kriteria-kriteria tersebut, calon Penegak Garuda juga harus menerapkannya dalam kehidupan mereka sehari-harinya, baik untuk dirinya sendiri, keluarga maupun masyarakat.

Penilaian Calon Penegak Garuda di Pangkalan SMA Negeri 2 Singkep.(foto : istimewa)

Riza Andriani berharap peserta yang terpilih sebagai Pramuka Garuda nantinya bisa memberikan dampak positif bagi dirinya, keluarga, dan lingkungan sekitarnya.

“Harapan kami dengan dilaksanakannya kegiatan ini, siswa-siswi yang terpilih menjadi Pramuka Garuda ini, dapat menjadi pelajar yang baik dan bermanfaat bagi keluarga, sekolah ataupun masyarakat,” kata Riza Andriani. (Im).

banner 325x300
Baca juga :   Imigrasi Dabo Gelar Rakor Timpora

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *