Persiapkan Warga Binaan Sebelum Berinteraksi Kembali dengan Masyarakat, Lapas Dabo Singkep Gelar Pelatihan Pembinaan Kemandirian

Lingga146 Views
banner 468x60

Selingga.com (08/06) Dabo. Lapas Kelas III Dabo Singkep, Kabupaten Lingga menggelar kegiatan Pelatihan Pembinaan Kemandirian Bidang Montir dan Mesin bagi warga binaannya untuk tahun anggaran 2022. Kegiatan pembinaan narapidana ini merupakan program yang dimiliki oleh Lembaga Pemasyarakatan guna untuk mempersiapkan warga binaan mereka supaya dapat berinteraksi kembali dengan masyarakat secara baik setelah mereka selesai menjalani masa pidananya.

Kepala Lapas Kelas III Dabo Singkep, Dewanto ketika ditemui di ruang kerjanya pada Rabu (08/06) tadi mengatakan kalau kegiatan pembinaan tersebut digelar pada setiap tahunnya.

Kepala Lapas Kelas III Dabo Singkep, Dewanto

“Jadi program pembinaan kemandirian narapidana ini kita laksanakan pada setiap tahunnya. Untuk tahun ini mengambil kegiatan berupa montir untuk mesin dan diesel,” kata Dewanto.

Untuk tahun ini kegiatan pelatihan yang bekerja sama dengan pihak PKBM Tunas Cemerlang tersebut diikuti sebanyak 13 orang warga binaan Lapas Kelas III Dabo Singkep.

“Jadi, pada setiap tahun kita adakan sesuai dengan anggaran yang ada. Pada tahun ini diikuti oleh sejumlah 13 orang narapidana,” tambah Dewanto.

Dewanto berharap dengan adanya kegiatan pembinaan tersebut, warga binaan yang mengikutinya akan mendapatkan bekal pengetahuan nantinya.

Persiapkan Warga Binaan Sebelum Berinteraksi Kembali dengan Masyarakat, Lapas Dabo Singkep Gelar Pelatihan Pembinaan Kemandirian

“Pada tahun sebelumnya mengambil kegiatan perkayuan dan sekarang kegiatan yang lain, yaitu montir dan mesin diesel. Supaya para warga binaan ini bisa mendapatkan pengetahuan yang bisa diaplikasikan setelah mereka bebas kembali ke masyarakat nantinya,” kata Dewanto.

Kegiatan Pelatihan Pembinaan Kemandirian diagendakan akan dilaksanakan selama 3 minggu dengan melibatkan instruktur dari bengkel dan seorang guru dari Sekolah Menengah Kejuruan yang ada di Dabo Singkep.

“Kebetulan juga aplikasi yang lebih banyak nantinya setelah kembali di tengah masyarakat, yaitu perbengkelan. Untuk instrukturnya dari bengkel dan seorang guru dari SMK yang ada di Dabo Singkep. Kegiatan ini kita laksanakan selama 3 minggu,” kata Dewanto. (Im).

banner 325x300
Baca juga :   Bendera Setengah Tiang dan Sholat Ghaib Dari Polres Lingga Untuk Jenderal Awaloedin Djamin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *