Polres Lingga Gelar Sispam Mako

Lingga79 Views
banner 468x60

Selingga.com (11/09) Dabo. Polres Lingga menggelar latihan Sistem Pengamanan Markas Komando (Sispam Mako) pada Senin(11/9/2023) tadi. Latihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan. Selain itu latihan ini juga sebagai bentuk antisipasi gangguan keamanan yang menyasar Mako Polres Lingga, termasuk aksi terorisme yang melibatkan seluruh personel termasuk para Pejabat Utama Polres Lingga.

Jalannya latihan simulasi Sispam Mako ini dimulai dengan para personel menjalankan tugas-tugas rutin seperti biasa. Kemudian dilanjutkan dengan adanya suara alarm yang kemudian seluruh personil mengikuti apel kesiapan di halaman apel.

Setelah menerima informasi dari Perwira Siaga tentang adanya massa berkumpul di luar Mako Polres Lingga, personil kemudian menerima arahan dari pimpinan dan melakukan langkah-langkah sesuai simulasi, termasuk memeriksa situasi dan kondisi di tempat yang telah ditentukan sesuai dengan ploting zona masing-masing.

Polres Lingga Gelar Sispam Mako. (foto : istimewa)

Kapolres Lingga AKBP Fadli Agus, S.I.K, M.H menerangkan kalau latihan Sispam Mako ini penting untuk memberikan gambaran kepada seluruh anggota Polres Lingga tentang bagaimana menghadapi situasi yang berkaitan dengan keamanan Mako. Latihan ini juga bertujuan untuk melatih kesiapsiagaan dan ketangkasan personil dalam menjalankan pengamanan Mako.

“Simulasi Sispam Mako ini merupakan upaya untuk mengantisipasi dan mencegah kerusakan atau serangan fisik terhadap Mako Polres Lingga yang mungkin dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Tujuannya adalah agar seluruh personil memiliki persepsi yang seragam dalam melaksanakan tugas pengamanan Mako, dengan pengawasan yang ketat antara pimpinan satuan dan anggota pelaksana di lapangan,” kata Kapolres Lingga saat itu.

Kapolres juga menambahkan kalau kegiatan ini juga untuk memastikan terkait dengan kesiapsiagaan seluruh personel Polres Lingga dan sarana prasarana dalam rangka menjaga kondisi aman di Mako Polres Lingga dikarenakan situasi setiap saat bisa saja berubah. Misalnya adanya kebakaran, demo dan yang lainnya sehingga kita selalu siap menghadapi situasi apapun.

Baca juga :   SMA Negeri 1 Singkep Berikan Piagam Penghargaan kepada Wartawan

“Kegiatan dimulai dengan apel kesiapan, diawali dengan suara bel (Alarm Stelling) dan dilanjutkan dengan simulasi adanya kejadian ber eskalasi tinggi yang mengganggu keamanan mako dan di ikuti penempatan ploting seluruh personil di seputaran area mako dan asrama Polres Lingga,” kata AKBP Fadli Agus.(Red/rls).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *