Puluhan Satpol PP dan Damkar Lingga Dilatih TNI – AL

0
Puluhan Satpol PP dan Damkar Lingga Dilatih TNI - AL

Selingga.com (28/11) Dabo. Di bawah gemblengan beberapa instruktur dari Lanal Dabo, puluhan anggota Satpol PP dan Damkar Kabupaten Lingga ikuti Pradiksar (Pra-Pendidikan Dasar) pada Kamis (28/11) tadi. Jalannya Pradiksar yang digelar di Mako Lanal Dabo Singkep tersebut merupakan upaya pihak Lanal Dabo dalam membantu Pemerintah Kabupaten Lingga untuk terciptanya sumber daya manusia yang unggul.

“Kegiatan kita hari ini adalah pembukaan untuk Pradiksar bagi Satpol PP dan Damkar tahun 2019. Kenapa ini dilaksanakan di Lanal Dabo? Karena kami sebagai institusi TNI, sesuai dengan amanah Undang-Undang Nomor 34 dalam rangka membantu pemerintah daerah dan juga visi yang dicanangkan oleh pemerintah saat ini, yaitu menciptakan SDM unggul. Karena itu, kami mencoba membantu program pemerintah dalam menciptakan para Banpol PP dan Damkar yang memiliki sumber daya manusia yang unggul,” kata Danlanal Dabo, Letkol Laut (P) Arif Rahman, S.T., M. Tr. kepada pihak media.

Foto bersama Kabid Trantibum, Indra Jaya Saputra, Danlanal Dabo, Letkol Laut (P) Arif Rahman, S.T., M. Tr dan Kabid Penegak Perda dan Perundang-Undangan, Febrizal Taufik

Danlanal Dabo ini juga menambahkan kalau kegiatan yang dilaksanakan selama 11 hari nantinya itu, para peserta akan digembleng dari bangun tidur sampai dengan istirahat malam.

“Kegiatan ini kita laksanakan kurang lebih 11 hari, dimulai hari ini (Kamis, 28/11) sampai dengan tanggal 7 Desember 2019. Seluruh kegiatan akan dilaksanakan di komplek Mako Lanal Dabo Singkep, mulai dari bangun tidur sampai istirahat malam. Ini yang pertamavkali dilaksanakan di Lanal Dabo Singkep. Mudah-mudahan ini bisa dijadikan barometer ke depannya, di manapun kegiatan nanti dilaksanakan dengan pendidikan dasar bagi Banpol PP dan Damkar di Kabupaten Lingga,” kata Danlanal Dabo.

Terakhir, Letkol Laut (P) Arif Rahman, S.T., M. Tr. berharap ke depannya peserta yang ada akan menjadi Banpol dan Damkar unggulan.

Puluhan Satpol PP dan Damkar Lingga dilatih TNI – AL

“Harapan kita, mereka ini nantinya akan menjadi Banpol dan Damkar unggulan. Dengan adanya pelaksanaan Pradiksar di Mako ini, mereka sedikit banyaknya akan mendapatkan pelatihan dasar kemiliteran. Tentunya ada sikap dan tentunya etik yang akan lebih baik nantinya, khususnya dalam kedisiplinan. Kemudian bagaimana mereka beretika. Nanti juga akan kita berikan pelatihan SAR, kemudian etika dalam pergaulan, bagaimana menghadapi masyarakat yang sesuai dengan tugas mereka untuk menegakkan Perda di Kabupaten Lingga ini,” harap Danlanal Dabo Singkep ini.

Sementara itu, Kasatpol PP Lingga, Said Rudi Fallo melalui Kabid Penegak Perda dan Perundang-Undangan, Febrizal Taufik yang saat itu didampingi oleh Kabid Trantibum, Indra Jaya Saputra, memberikan apresiasi kepada pihak Lanal Dabo terkait pelaksanaan Pradiksar tersebut.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kesediaan dari Danlanal Dabo Singkep yang telah memberikan satu luang buat Banpol dan Damkar kita untuk melaksanakan Pradiksar di sini. Ini merupakan suatu kebanggaan bagi Kabupaten Lingga yang menciptakan generasi-generasi baru di Pol PP untuk melaksanakan penegakkan peraturan perundang-undangan yang ada di Kabupaten Lingga, lebih berani lagi, lebih beretika lagi dan semangat mereka akan terbentuk di sini,” kata Febrizal Taufik.

Febrizal Taufik juga menambahkan, kalau posisi Lanal Dabo yang strategis, sangat mendukung jalannya Pradiksar tersebut.

Puluhan Satpol PP dan Damkar Lingga dilatih TNI – AL

“Peserta kita semuanya 58 orang yang terdiri dari personel laki-laki 47 orang dan personel perempuan 11 orang. Saya yakin dan percaya, di bawah Danlanal Arif, semua akan berjalan dengan sebaik-baiknya. Kita memilih Lanal karena posisi Mako Lanal yang strategis sangat mendukung,” kata Febrizal Taufik.

Sebelumnya, Wakil Bupati Lingga, M. Nizar menyempatkan hadir pada pembukaan Pradiksar hari itu. M. Nizar dalam sambutannya mengatakan kalau latihan Pradiksar tersebut, berguna untuk membentuk sikap yang profesional, tanggap, dan mental yang kuat. Wakil Bupati Lingga ini berharap akan ada peningkatan kualitas dan skil dari masing-masing personil. (Im).

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.