Tanggapi UU No.23, Ketua Komisi III DPRD Lingga Berharap Bupati Cari Celah

Lingga290 Views
banner 468x60

Selingga.com Dabo (23/02). Setelah ada nya UU No. 23 tahun 2014 tentang Pemerintah daerah tanggung jawab pendidikan setingkat SD/SMP berada dalam lingkup Pemerintah Kabupaten/kota. Sedangkan Pemerintah Provinsi bertanggung jawab atas pendidikan setingkat SMA/SMK ,dan Pemerintah Pusat bertanggung-jawab atas Pendidikan Tinggi. H.Nurdin selaku Ketua Komisi III Bidang Pendidikan,Kesehatan berharap Bupati Lingga dapat mencari celah pembangunan untuk sekolah setingkat SLTA. Hal tersebut disampaikan politisi dari Partai Persatuan Pembangunan ini kepada Selingga.com pada Selasa (23/02) di Sanggar Praja Dabo.
” Untuk program pendidikan 12 tahun,sudah kita laksanakan. Cuma untuk wewenang setingkat SLTA itu sekarang ini masuk dalam wewenang Pemerintah Provinsi. Jadi tidak wewenang pihak Pemerintah Kabupaten lagi. Tetapi dengan cara lain,mungkin Bupati Lingga Alias Wello,dengan cara baru bisa mencari celah dari sisi lainnya. Karena infrastruktur kita masih banyak yang kurang. Cuma sementara ini untuk kepentingan extrakurikuler,belajar didalam masih domainnya Kabupaten.”Kata H.Nurdin.
Terkait pendidikan di Lingga,Ketua Komisi III ini menyoroti kekurangan guru untuk wilayah desa Pekajang.
” Khusus di Desa Pekajang,guru yang ada hanya 6 orang. Dan kita ada penambahan guru buat SMP Pekajang. Dan kita berharap kepada Dinas Pendidikan yang mungkin baru nantinya,bisa mencukupi semua dari kekurangan tersebut sesuai dengan anggarannya. Kalau siswa yang ada sebanyak 21 siswa. Dan mereka selama ini tidak pernah mengenyam pendidikan secara baik. Kalau hanya kita-kita yang maju,sedangkan mereka tidak,kan tidak bagus juga .Sedangkan mereka bagian dari bangsa ini. Hanya kendalanya,mereka sejauh ini belum begitu ingin bersekolah di luar. Masih Mau di daerah mereka saja. Ya,kita ikutkan lah keinginan mereka. Kebetulan SMP pun sudah ada Sana.”Papar H.Nurdin.
H.Nurdin dikesempatan tersebut memandang kalau masalah kinerja masih kurang,ketika disinggung Selingga.com terkait kendala yang dihadapi tentang pendidikan di Lingga.
” Masih lemah lah. Sistem kinerja kita masih kurang. Kalau pandai,kita ini sudah pandai semua. Kepala Dinas kita pun banyak yang pandai-pandai. Cuma kalau dari segi semangat untuk meningkatkan kualitas,itu yang masih belum sama dengan daerah Lain.”Ungkap Ketua Komisi III DPRD Lingga ini.(Im)

banner 325x300
Baca juga :   Rudi : Pemkab Lingga Main "Bim Salabim"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *