Ulat Bulu Serang RW 09, Tanaman Hancur

Singkep126 Views
banner 468x60

Selingga.com Dabo (12/01). Warga Dabo kota,tepat nya di RW 09 Bukit Kabung Kelurahan Sungai Lumpur dihebohkan dengan kemunculan ulat bulu (ulat api) dalam jumlah yang banyak. Sesuatu yang tidak pernah terjadi sebelumnya,memaksa warga yang tinggal di daerah tersebut mengadukan ke pihak Kecamatan dan Dinas yang terkait.
Serangan ulat bulu (ulat api) dengan warna kehijau-hijauan itu mengakibatkan rata-rata tanaman tua yang ada menjadi rusak dan meranting. Dari pantauan Selingga.com di lokasi,ulat bulu yang ada berserakan pada dahan,daun dan pohon yang ada disekitar lokasi RW 09 Bukit Kabung itu. Sehingga pohon-pohon kelapa yang ada,daunnya menjadi rusak dan meranting.

Pohon Kelapa Warga Yang Terserang Hama Ulat Bulu
Pohon Kelapa Warga Yang Terserang Hama Ulat Bulu

” Kejadian ini sudah berjalan sekitar 1 bulan terakhir ini. Awalnya saya lagi manjat pohon,ulat bulu ini menyenggol badan dan tangan saya. Rasa nya gatal-gatal dan panas. Saya kemudian melihat ketempat lain. Ternyata ditempat lainpun ada ulat bulunya. Kemudian saya cek ke sekitar lokasi penemuan ulat bulu,ternyata ada lagi. Dan setelah itu,saya pun dapat infotmasi dari warga disekitar sini,rumah nya ada ulat bulu juga.” Kata Saleh (50),salah seorang warga kepada Selingga.com pada Selasa (12/01).
Melihat hal tersebut,Saleh melaporkan nya kepada pihak Kecamatan dan Dinkes.
” Setelah kejadian itu,3 hari kemudian saya melapor ke Dinkes dan Kecamatan. Dari Dinas Kesehatan ada lah yang datang melihat.Cuma datang kesini hanya memantau. Itu pun kerumah saudaranya yang ada disini. Bukan memantau ke rumah warga. Bukan pula jumpa dengan pihak RT. Itu pun datangnya sendiri,sekitar 2 minggu yang lalu. Kalau hari Sabtu tadi,pihak Kecamatan Singkep dan Dinas Pertanian yang datang. Katanya mau datang lagi nanti kesini. Tetapi tidak ada juga tindakkan yang berarti. Datang hanya semprot 1,2 ekor.Sudah. Kemudian pindah. Pokoknya kerja orang itu bukan benar-benar kerja. Cuma kesannya sekedar mengisi waktu. Untuk ulat bulu ini,yang banyak dirusak adalah pokok kelapa,rambutan,jambu.Mungkin kalau sudah habis pokok ini,baru lah pokok yang lain di makan juga.”Papar Saleh.(Im)

banner 325x300
Baca juga :   Baru dapat bantuan dari Pak RT,Pemkab Lingga belum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *