Wisata Pulau Berhala Harus Difasilitasi

0

Potensi wisata bahari pulau Berhala tidak perlu diragukan lagi. Keindahan pantai dan air laut yang jernih membuat pulau Berhala menjadi target liburan para wisatawan dari daratan Sumatera. Bahkan, dengan jarak yang hanya 30 menit perjalanan laut dari Provinsi Jambi, membuat pulau terluar kabupaten Lingga tersebut selalu dibanjiri pengunjung saat musim libur lebaran.

“Kalau libur lebaran, pulau berhala selalu dibanjiri wisatawan dari daratan Sumatera, khusunya wisatawan asal Jambi,” ungkap Camat Singkep Selatan, Saman, Senin(20/4).

Saman mengatakan, kendati Pulau Berhala memiliki potensi wisata yang cukup baik, namun fasilitas penunjang wisata seperti rumah singgah, gazebo dan lain semacamnya masih belum dimiliki pulau tersebut. Jika wisatawan ingin menginap, maka mereka akan memanfaatkan rumah warga.

Dilanjutkannya, tapi kalau dalam jumlah yang banyak, tentu sulit untuk menampungnya. Ini yang membuat warga kewalanan mengantisipasi lonjakan wisata, terlebih lagi saat libur lebaran. “Warga mengaku kewalahan saat libur lebaran. Pengunjung selalu ramai dan tak semua warga bisa di tumpangi tempat tinggalnya,” ungkap Saman.

Untuk itu, dia mengatakan, pihaknya akan mengajukan bantuan fasilitas kepada dinas terkait, guna mengantisipasi lonjakan wisatawan jelang lebaran mendatang.

“Kita minta sebelum lebaran, Disabudpar dapat membangun beberapa rumah singgah dan fasilitas wisata lainya. Kalaupun tidak ada, kita minta minimal tenda beberapa buah. Bisa kita bentuk lembaga pengelola untuk memelihara dan menyewakan fasilitas tersebut ke pengunjung,” katanya.

Dia juga mengusulkan kepada Disbudpar, untuk meletakkan beberapa unit sampan kano sebagai penunjang wisata pantai di Pulau Berhala. “Kita juga minta dilatakkan beberapa Kano di pantai Berhala, ini untuk menambah daya tarik wisatawan,” katanya lagi.

Terkait pengembangan potensi wisata pulau Berhala, Saman mangatakan, selain usaha dari pemerintah, beberpa waktu lalu pihaknya juga berkomunikasi dengan salah satu perusahaan travel di Jambi. Dari hasil komunikasi tersebut, sebanyak 13 investor tertarik dan ingin datang mensurvey potensi wisata di Pulau Berhala pada bulan Mei mendatang. “Ada 13 investor yang berencana melakukan survey potensi wisata di pulau Berhala. Rencananya bulai Mei,”katanya lagi.

Dia juga menambahkan, untuk merenovasi pelabuhan yang berada di lahan milik warga Jambi tersebut, pihaknya berencana untuk menemui pemilik lahan untuk mendapatkan izin secepatnya. ” Bulai Mei, kita akan menemui tuan tanah nya. Pelabuhan itu masih milik warga Jambi. Tapi dari komunikasi melalui selular, mereka mengijinkan kita merenovasi pelabuhan Berhala,” tutupnya. (ard)

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.