Anggaran Terbatas, Kendala Pengumpulan Barang Langka Di Museum Linggam Cahaya

Lingga65 Views
banner 468x60

Selingga.com (28/06) Dabo. Keberadaan Museum Linggam Cahaya di Komplek Istana Damnah Jalan Raja Muhammad Yusuf, Kelurahan Daik Lingga, Kecamatan Lingga Kabupaten Lingga ini, sejak diresmikan dan dibuka untuk umum sejak tahun 2003 lalu, saat ini telah mengoleksi sekitar 5304 item barang di dalamnya. Sebagian besar barang yang ada, merupakan barang-barang yang berkaitan dengan sejarah Kerajaan Lingga – Riau.
“Sampai hari ini Alhamdulillah barang yang sudah ada lebih kurang 5300 buah. Barang-barang yang terkumpul lebih banyak berkaitan dengan sejarah Kerajaan Lingga – Riau. Seperti keramik, bahan-bahan dari kuningan, termasuk juga bahan-bahan yang pernah digunakan oleh Sultan Lingga – Riau yang terakhir,” kata Kadis Kebudayaan Lingga, Ir. H.M Ishak, MM ketika ditemui pada Senin (24/06) lalu.

Kadis Kebudayaan Lingga, Ir. H.M Ishak, MM

Pihak Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga ini juga akan memperbanyak koleksi di Museum Linggam Cahaya tersebut, melalui Gerakan Cagar Budaya yang ada.

“Kita harap dengan adanya Gerakan Sayang Cagar Budaya, akan semakin memperbanyak koleksi yang ada di Museum Lingga Cahaya Kabupaten Lingga. Termasuk juga mengumpulkan barang-barang langka, seperti tulang Gajah Mina dan juga barang-barang yang  kita dapatkan akhir-akhir ini di Pulau Berhala. Kami yakin dalam beberapa bulan ini, terus bertambah koleksi Museum Linggam Cahaya ini,” kata Ishak.

Namun Ishak mengaku, kalau pihaknya masih mengalami kendala dalam pengumpulan barang-barang cagar budaya tersebut.

“Kendala yang kita hadapi dalam pengumpulan benda cagar budaya ini adalah terbatasnya anggaran. Karena tidak mungkin semua barang cagar budaya itu, dihibahkan oleh masyarakat, tampa kita memberikan ucapan terimakasih. Karena anggaran dari Kabupaten Lingga ini masih sangat terbatas, terkadang kita tidak dapat mengumpul atau membeli barang-barang yang bernilai tinggi sejarahnya. Mudah-mudahan kedepannya, kita akan bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Kepri, bagaimana barang-barang yang ada ini, kita selamatkan secara bersama-sama,” papar Kadis Kebudayaan Kabupaten Lingga ini.

Secara keseluruhan sampai akhir tahun 2018 tadi, Museum Linggam Cahaya Kabupaten Lingga ini, telah mengoleksi 5304 item barang di dalamnya yang terdiri dari jenis Teknologika sebanyak 253 item, Biologika 2 item, Seni Rupa 17 item, Numismatika 967 item, Filologika 740 item, Historika 326 item, Kramalogika 2216 item, Geologika 59 item, Arkelogika 8 item dan Etnografika sebanyak 716 item.(Im).

banner 325x300
Baca juga :   "Bantuan kapal bakal meluncur dari KKP RI "

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *