Danlanal Dabo," Pantai Todak Merupakan Daerah Latihan TNI – AL, Setiap Jengkal Tanah Harus Di Pertahankan "

Selingga.com (28/06) Dabo. Pendaratan, penyisiran dan penyerbuan ke wilayah musuh, tergambar dalam latihan tempur yang di laksanakan di Pantai Latihan Todak, Desa Batu Berdaun Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga pada Kamis (27/06) tadi. Simulasi tersebut digelar dalam rangka Latihan Matra Laut TW II Tahun 2019, oleh Pangkalan Utama TNI AL IV Tanjungpinang dan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan IV Tanjungpinang serta Pangkalan TNI AL Dabo Singkep.
Kegiatan yang dipimpin Pabandya Ops Sops Lantamal IV Mayor Laut (P) Haka Andinantha itu, meliputi Pendaratan khusus (Ratsus) dengan menggunakan Perahu Karet, melaksanakan penyisiran dan penyerbuan terhadap basis musuh. Setelah latihan simulasi pendaratan selesai dilaksanakan, dilanjutkan dengan latihan menembak perorangan dengan dua sikap yaitu sikap tiarap dan dan sikap duduk.
Setelah rangkaian latihan tempur dan pendaratan di Pantai Todak dilaksanakan, seluruh prajurit melaksanakan lintas medan dari daerah Latihan Pantai Todak menuju ke Markas Komando (Mako) Lanal Dabo Singkep. Latihan tersebut juga merupakan bagian dari pembinaan satuan.

Latihan Matra Laut TW II Tahun 2019. (foto:istimewa)

“Kegiatan ini sekaligus untuk mengasah kemampuan prajurit dalam upaya meningkatkan profesionalitas prajurit dalam rangka mendukung salah satu tugas pokok TNI, menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Komandan Lanal Dabo Singkep, Letkol Laut (P) Arif Rahman, S.T, M.Tr. Hanla, melalui realease yang diberikan kepada pihak media.
Selain itu Danlanal Dabo Singkep ini juga menegaskan, kalau di pilihnya Pantai Todak sebagai daerah latihan, karena lokasi tersebut merupakan daerah latihan TNI – AL.
“Satu hal terpenting kenapa latihan ini diadakan di daerah Latihan pantai Todak Batu Berdaun, karena tempat tersebut merupakan daerah latihan TNI AL dan setiap jengkal tanah harus dipertahankan dan dijaga sampai titik darah penghabisan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dan memiliki kepentingan pribadi,” kata Komandan Lanal Dabo Singkep itu.
Komandan Lanal Dabo Singkep ini juga menambahkan, kalau dengan diadakannya Latihan Matra Laut TW II Tahun 2019 itu, diharapkan dapat mencapai hasil latihan yang maksimal secara efektif dan efisien dengan selalu mengutamakan faktor keamanan personel maupun material.(Im).

Read Previous

Anggaran Terbatas, Kendala Pengumpulan Barang Langka Di Museum Linggam Cahaya

Read Next

Polres Lingga Gratiskan SIM, Bagi Masyarakat Yang Lahir Pada 1 Juli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *