Bagian Administrasi Pembangunan Setda Lingga Gelar Rakor Pengendalian Program/Kegiatan OPD

Bagian Administrasi Pembangunan Setda Lingga Gelar Rakor Pengendalian Program/Kegiatan OPD

Selingga.com (14/10) Dabo. Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Lingga menggelar Rakor Pengendalian Program/Kegiatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Lingga tahun anggaran 2021. Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang serbaguna One Hotel, Dabo Singkep, Kabupaten Lingga pada Kamis (14/10) tadi. Rapat Koordinasi Pengendalian atau Program Perangkat Daerah Kabupaten Lingga ini dihadiri oleh seluruh Kasubag atau Kasi Perencanaan, Admin Tepra, Evaluasi Realisasi Anggaran dari seluruh perangkat daerah mulai dari kecamatan sampai ke OPD. Kabag Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Lingga, Drs. Zainal Abidin, M.Pd. usai kegiatan mengatakan kalau dilaksanakan kegiatan tersebut adalah untuk menginventarisir hambatan terkait dengan realisasi fisik dan keuangan.

“Inti dari pertemuan kita pada hari ini adalah mencoba menginventarisir hambatan dan permasalahan dalam bidang pembangunan, terutama yang berkaitan dengan masalah realisasi fisik dan keuangan,” kata Zainal Abidin.

Selain itu Zainal Abidin mengatakan kalau pihaknya menginginkan nantinya bahwa serapan terkait dengan anggaran yang ada bisa lebih efektif lagi.

Bagian Administrasi Pembangunan Setda Lingga Gelar Rakor Pengendalian Program/Kegiatan OPD

“Kita ingin masing-masing dinas atau OPD bahkan kecamatan, anggaran yang telah diberikan kepada mereka, serapannya, progresnya benar-benar tercapai. Sehingga tidak ada lagi anggaran yang tidak efektif di dalam anggaran tahun 2021 itu,” jelas Zainal Abidin.

Terkait hal tersebut juga, Kabag Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Lingga ini meminta untuk memberikan peringatan kepada para PPTK yang belum menyiapkan administrasi yang ada.

“Oleh sebab itulah kita mencoba mengumpulkan kawan-kawan perencanaan ini agar mereka segera menggesa, sedikit memberikan warning kepada para PPTK mana yang belum terlaksana, mana yang belum menyiapkan administrasi SPJ agar segera menyiapkannya,” kata Zainal Abidin.

Zainal Abidin menambahkan kalau dengan begitu, tertib administrasi dapat segera tercapai.

“Sehingga tertib administrasi kita tercapai dan anggaran yang sudah dianggarkan itu benar-benar terealisasi seoptimal mungkin,” jelas Zainal Abidin.

Disinggung terkait dengan situasi pandemik yang mungkin berpengaruh terhadap anggaran yang sudah dianggarkan pada suatu kegiatan sebelumnya, Zainal Abidin mengatakan kalau hal tersebut akan dilakukan pergeseran saat di APBD-P.

Kabag Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Lingga, Drs. Zainal Abidin, M.Pd.

“Ada beberapa OPD yang dalam anggaran kegiatan mereka itu katakanlah melibatkan mobilisasi massa. Kalau memang menurut prediksi mereka tidak mampu melaksanakan diakibatkan karena Covid, maka sudah banyak yang melakukan pergeseran anggaran ketika di APBD-P. Tetapi kita di sekretariat meyakini dengan situasi Covid yang sudah mulai melandai ini, maka anggaran untuk kegiatan ini tetap kita pertahankan,” papar Zainal Abidin.

Zainal Abidin berharap semua OPD di Kabupaten Lingga supaya bisa menggunakan anggaran yang ada dengan sebaik mungkin.

“Harapan kita dengan anggaran yang telah diberikan oleh Pemkab Lingga kepada semua OPD, kita mengharapkan agar menggunakan anggaran tersebut dengan betul-betul dan maksimal. Kemudian juga harus tertib administrasi dan tepat waktu. Sehingga apa-apa yang sudah direncanakan oleh masing-masing OPD itu bisa berjalan dengan semestinya,” kata Zainal Abidin. (Im).

Read Previous

KEMENKUMHAM DUKUNG AKSELERASI INDONESIA SEHAT DAN PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL

Read Next

Bupati Lingga Gelar Do’a Bersama dengan Masyarakat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *