Bantuan Sosial Tunai (BST) Sebesar 600 Ribu, Diberikan Kepada Warga Desa Batu Kacang

Lingga75 Views
banner 468x60

Selingga.com (14/05) Dabo. Bantuan Sosial Tunai (BST) dari pemerintah pusat sebagai upaya untuk meringankan beban masyarakat terkait wabah Covid-19 saat ini telah mulai disalurkan. Untuk Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, bantuan tersebut telah mulai dibagikan kepada masyarakat penerima bantuan pada Kamis (14/05) tadi di Gedung Nasional, Dabo. Dari tiga hari yang direncanakan untuk waktu pembagiannya, untuk hari pertama, bantuan diberikan kepada Desa Batu Kacang dan Desa Tanjung Harapan. Pembayaran dilakukan langsung oleh pihak Kantor Pos Dabo Singkep.

“Hari ini adalah hari pertama pembayaran BST (Bantuan Sosial Tunai) untuk Kecamatan Singkep di Gedung Nasional. Untuk pembayaran pertama ini, untuk Desa Batu Kacang, sebanyak 83 KK, dari pukul 08.00 WIB sampai 12.00 WIB. Kemudian nanti siangnya, mulai dari pukul 13.00 WIB, untuk Desa Tanjung Harapan, sebanyak 121 KK,” kata Abdul Malik, selaku KKCP Dabo Singkep.

KKCP Dabo Singkep, Abdul Malik

Selain itu, Abdul Malik mengatakan kalau pihaknya juga akan menunggu sampai sore bagi masyarakat Desa Batu Kacang yang belum mengambil bantuannya dari waktu yang telah ditetapkan.

“Untuk pembayaran pertama, Desa Batu Kacang, sudah kita lakukan pembayaran, namun masih tersisa sekitar 17 KK yang belum datang mengambil. Mungkin sedang berhalangan. Namun, kita tetap menunggu sampai sore. Mudah-mudahan bisa tuntas untuk Desa Batu Kacang,” kata Abdul Malik.

Bantuan Sosial Tunai (BST) Sebesar 600 Ribu, Diberikan Kepada Warga Desa Batu Kacang

Abdul Malik menambahkan kalau warga yang bersangkutan sebelumnya diwajibkan untuk membawa KK dan KTP asli beserta fotokopinya.

“Sistem untuk pengambilan ini adalah si penerima diwajibkan untuk membawa KK asli, KTP asli, beserta fotokopinya,” jelas Abdul Malik.

Ketentuan tersebut dijelaskan Abdul Malik, diperlukan untuk mencocokkan data si penerima bantuan dengan data nasional yang ada.

Baca juga :   KNPI DPD Lingga dan PP Lingga Roadshow Berbagi

“Diperlukan data ini untuk mencocokkan data nasional dengan data yang bersangkutan untuk dilakukan penyekenan kebenaran data tersebut. Kemudian si penerima difoto sebagai bukti itu adalah benar-benar yang ditujukan kepada si penerima. Kalau nominal yang diterima untuk tahap pertama, kedua dan ketiga, sebesar Rp600 ribu,” terang Abdul Malik.

Bantuan Sosial Tunai (BST) Sebesar 600 Ribu, Diberikan Kepada Warga Desa Batu Kacang

Dari daftar yang ada, pembagian hari pertama BST diterima oleh Desa Batu Kacang dengan jumlah penerima sebanyak 83 orang dan Desa Tanjung Harapan sebanyak 121 orang. Untuk hari kedua (Jumat,15/05) besok, bantuan BST akan diserahkan untuk Kelurahan Dabo, sebanyak 187 orang. Hari ketiga (Sabtu, 16/05) nanti, akan dibagikan untuk warga Kelurahan Dabo Lama, sebanyak 215 orang. Jumlah total keseluruhannya berjumlah 606 penerima BST.

Jalannya pembagian Bantuan Sosial Tunai (BST) saat itu, pihak Polsek Dabo melakukan pembagian masker bagi masyarakat yang datang tidak menggunakan masker dan juga melakukan pengecekan suhu tubuh. (Im).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *