Baru Capai 31 Persen, Tim Gugus Covid Lingga Akan Gelar Vaksinasi Kembali

Lingga110 Views
banner 468x60

Selingga.com (30/06) Dabo. Pemkab Lingga bersama TNI-Polri, Dinas Kesehatan Lingga, Camat Singkep, Camat Singkep Barat, lurah, dan kepala desa mengadakan rapat untuk menyusun strategi percepatan capaian vaksin. Kegiatan rapat tersebut dilaksanakan di Gedung Daerah, Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, pada Selasa (29/06) tadi. Sekda Lingga, Syamsudi yang memimpin jalannya rapat saat itu, usai kegiatan mengatakan kepada pihak media kalau rapat yang digelar tersebut berkaitan dengan capaian vaksinasi untuk Kabupaten Lingga yang hanya sampai di angka 31 persen dari jumlah yang ditargetkan sebelumnya sebesar 50 persen. Sekda Lingga ini juga mengatakan kalau untuk mencukupi capaian tersebut, pihaknya akan menurunkan vaksinator di beberapa titik yang telah ditentukan.

“Karena di Lingga kita ketahui bersama sampai hari ini, (vaksinasi-red) baru mencapai 31 persen yang seharusnya pada tanggal 25 Juni 2021 tadi ditetapkan sudah harus mencapai 50 persen. Terkait itu, tadi sudah kita susun strateginya bahwa tanggal 01 Juli 2021 akan diturunkan tim vaksinator sebanyak 13 titik untuk di Kecamatan Singkep dan 12 titik di Kecamatan Singkep Barat serta bergerak bersama-sama dalam satu waktu,” kata Syamsudi.

Baru Capai 31 Persen, Tim Gugus Covid Lingga Akan Gelar Vaksinasi Kembali

Selain itu, pihak TNI-Polri juga akan membantu untuk mengedukasi masyarakat serta membawa masyarakat ke lokasi vaksinasi nantinya. Sedangkan ketika disinggung terkait dengan vaksinator, Sekda Lingga ini mengatakan kalau dari Dinas Kesehatan Lingga juga telah membantu untuk tenaga vaksinator tersebut.

“Untuk memberikan edukasi dan membawa masyarakat ke titik vaksinasi, ada komitmen dari TNI-Polri yang nantinya akan turun langsung. Mudah-mudahan target yang telah ditetapkan tadi bisa tercapai. Tadi koordinasi dari Dinas Kesehatan, untuk vaksinator, kita cukup. Bahkan akan dibantu oleh tenaga-tenaga kesehatan dari 2 Puskesmas yang ada,” kata Syamsudi.

Baca juga :   Hadi Sumantri, "Ah itu Anak Orang, Bukan Anak Kita"
Baru Capai 31 Persen, Tim Gugus Covid Lingga Akan Gelar Vaksinasi Kembali

Terakhir, Sekda Lingga menjelaskan kalau undangan yang diberikan kepada masyarakat terkait dengan vaksinasi nantinya, agar masyarakat bisa menjelaskan alasan apabila tidak mau divaksin.

“Nanti akan dikasi undangan by name by address-nya. Di dalam undangan sudah dijelaskan, apabila tidak mau divaksin, agar memberikan alasan. Di dalam undangan juga dicantumkan Perpres Nomor 14 Tahun 2021 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinisasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19, Pasal 13 A (4),” kata Syamsudi.

Sementara itu, Tim Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lingga, Wirawan Trisna Putra, di tempat yang sama mengatakan kalau target untuk Kecamatan Singkep yang sudah divaksin sebanyak 4.212 orang dari jumlah target vaksinasi keseluruhan sebanyak 17.383 orang.

“Target vaksinasi, kita bergerak di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Singkep dan Kecamatan Singkep Barat. Untuk target vaksinasi di Kecamatan Singkep, sebanyak 17.383 orang. Sementara yang sudah divaksinasi sebanyak 4.212 orang dan yang belum, sebanyak 13.171 orang,” kata Wirawan.

Baru Capai 31 Persen, Tim Gugus Covid Lingga Akan Gelar Vaksinasi Kembali

Sedangkan untuk Kecamatan Singkep Barat, telah selesai divaksinasi sebanyak 2.046 orang dari jumlah keseluruhan yang menjadi target vaksinasi sebanyak 10.234 orang.

“Untuk Kecamatan Singkep Barat, target yang harus divaksinasi sebanyak 10.243 orang. Masyarakat yang sudah divaksinasi baru 2.046 orang. Dengan demikian kita masih punya sebanyak 8.197 orang yang belum divaksinasi. Kita akan bergerak mulai tanggal 1 Juli 2021 sampai dengan selesai untuk mengejar kekurangan yang harus divaksinasi ini,” kata Wirawan. (Im).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *