Brigadir Teuku Angga, Penggerak Literasi dari Polres Lingga

Puspa (Pustaka Polres Lingga), Polres Lingga sampai saat ini masih rutin menggelar kegiatan berupa perpustakaan keliling.

Selingga.com (12/06) Dabo. Polres Lingga melalui Satbinmas Polres Lingga sampai saat ini masih rutin menggelar kegiatan berupa perpustakaan keliling. Salah satunya dengan menggelar perpustakaan keliling pada setiap Sabtu malam di Taman Pemuda, Dabo Singkep, Kabupaten Lingga. Melalui Puspa (Pustaka Polres Lingga), Brigadir Teuku Angga dan rekannya Brigadir Robin tentunya sangat familiar bagi kalangan anak-anak yang bersama keluarganya sering mengunjungi Taman Pemuda tersebut. Brigadir Teuku Angga saat ditemui pada Sabtu malam (11/06) tadi di lokasi Taman Pemuda, Dabo Singkep mengatakan kalau kegiatan perpustakaan keliling dari Polres Lingga ini kembali dilaksanakan setelah sebelumnya sempat terhenti dikarenakan adanya pandemik.

“Kami dari Satbinmas Polres Lingga melaksanakan kegiatan pustaka keliling di Taman Pemuda, Dabo. Kegiatan ini telah kami laksanakan sebelum masa pandemik covid. Karena adanya pandemik covid, kami sempat istirahat dan kemudian kami lanjutkan kembali setelah pandemik mereda,” kata Brigadir Angga.

Tidak hanya di Taman Pemuda saja, Brigadir Angga juga mengatakan kalau ke depannya perputakaan Puspa Polres Lingga diagendakan akan menggelar kegiatan serupa di sekolah-sekolah yang ada di Lingga.

Brigadir Teuku Angga, Penggerak Literasi dari Polres Lingga

“Ke depannya kami akan lebih semangat lagi dan mungkin kegiatan ini akan rutin kami laksanakan. Tidak hanya di taman saja, tetapi juga akan dilaksanakan di sekolah-sekolah untuk meningkatkan minat baca anak-anak di Kabupaten Lingga ini,” kata Brigadir Angga.

Dari kegiatan literasi tersebut, Brigadir Angga berharap minat baca bagi kalangan muda, khususnya pelajar bisa terus meningkat.

“Harapan kami kepada adik-adik generasi muda, ayo kita membaca karena membaca itu merupakan jendela dunia untuk kita lebih pintar. Kurangilah bermain handphone. Handphone boleh digunakan, tetapi jangan digunakan untuk hal-hal yang tidak baik seperti bermain game terlalu lama,” kata Brigadir Angga.

Brigadir Angga juga mengatakan kalau akan banyak ilmu yang didapat dari kegiatan membaca.

“Kalau dengan membaca ini, banyak informasi yang kita dapatkan karena tidak semua di handphone itu ada ilmu-ilmu yang kita dapatkan. Kami dari Satbinmas Polres Lingga sekali lagi mengajak adik-adik untuk tetap semangat membaca,” kata Brigadir Angga.

Sementara itu, kegiatan perpustakaan keliling dari Polres Lingga ini bukan hanya diminati dari kalangan setingkat pelajar saja, melainkan juga bagi kalangan mahasiswa. Salah seorang mahasiswa STIT Lingga, Erin (18) saat ditemui bersama rekannya, Yoni (19), mahasiswa Politeknik Lingga saat ditemui di Taman Pemuda, Dabo malam itu, mengatakan kalau perpustakaan keliling harus selalu ada untuk menambah wawasan bagi kalangan anak-anak muda saat ini.

“Menurut saya, perpustakaan keliling ini sangat bagus untuk anak-anak muda yang ada minat baca. Saya harap perpustakaan keliling ini harus selalu ada, jadi bisa menambah minat baca para masyarakat, terutama kalangan muda,” kata Erin.

Puspa (Pustaka Polres Lingga), Polres Lingga sampai saat ini masih rutin menggelar kegiatan berupa perpustakaan keliling.

Sebelumnya bagi Brigadir Angga dengan Puspa (Pustaka Polres Lingga) ini tidak hanya sebatas menggelar lapak bacaan di Taman Pemuda, Dabo Singkep saja. Dengan motor dinas yang dimodifikasi seperlunya, Brigadir Angga dengan Puspanya juga telah menjangkau beberapa daerah pelosok hanya untuk menumbuhkan minat baca bagi kalangan pelajar yang ada di sana. Tidak jarang jarak tempuh yang cukup jauh harus dijalaninya, seperti ke Desa Resang, Kecamatan Singkep Selatan. Tidak hanya itu, terkadang Brigadir Teuku Angga dengan motor yang telah dimodifikasi ini untuk perpustakaan keliling, juga terlihat di antara kegiatan yang dilaksanakan oleh salah satu OPD yang ada di Dabo. Bahkan sebelumnya juga, Brigadir Teuku Angga telah membangun komunikasi dengan pihak Perpustakaan dan Arsip, Kabupaten Lingga, serta dengan Komunitas Literasi Lingga (KLL) Dabo Singkep, terkait dengan kegiatan literasi itu. (Im).

Read Previous

Pasar Sayur Dabo Sepi Pembeli

Read Next

Di Masjid Azulfa, Bupati Lingga Lepas Keberangkatan 19 JCH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *