Bupati Lingga Panen Bersama Demplot Perbenihan Padi Terstandard BSIP

Lingga130 Views
banner 468x60

Selingga.com(09/11) Dabo. Bupati Lingga M. Nizar dan rombongan melakukan Panen Bersama Demplot Perbenihan Padi Terstandard Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Kepulauan Riau (Kepri) di Desa Lanjut, Kecamatan Singkep Pesisir, Kabupaten Lingga. Kamis (9/11/2023).

Kegiatan tersebut dilaksanakan bersama BSIP Kepri dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Lingga ke-20 pada 20 November 2023 mendatang, dan Diseminasi Hasil Standardisasi Instrumen Pertanian di Kabupaten Lingga.

Diketahui, Panen Bersama yang dilakukan hari ini di Desa Lanjut, Singkep Pesisir dengan luas lahan 3,5 hektar dengan rincian 1,5 hektar milik masyarakat dan 2 hektar dilakukan demplot pembenihan padi oleh BSIP Kepri. Hingga hari ini, pembenihan yang sudah dilakukan adalah sebanyak 3 hektar yaitu, di Desa Lanjut sebanyak 2 hektar dan di Bukit Langkap 1 hektar.

“Dari ubinan ada sekitar 5,5 ton dan 6,4 ton. Kalau ubinan yang dilakukan BSIP ini dijadikan beras, ini bisa menghasilkan beras sebanyak 6 ton dari 2 hektar di Desa Lanjut.” jelas Bupati Nizar.

Tentunya, Bupati Nizar mengharapkan demplot untuk pembenihan ini dapat digunakan dan dimanfaatkan tidak hanya di Kabupaten Lingga, melainkan hingga seluruh kabupaten di Kepulauan Riau.

“Dari progres yang dicapai hingga hari ini, kita berharap kepada BSIP untuk dapat terus melanjutkan kegiatan ini bersama pemerintah daerah Kabupaten Lingga. Mungkin, bisa diperluas dari 3 hektar menjadi 4 hingga 5 hektar atau lebih,” tambahnya.

Lebih lanjut, Bupati Nizar mengharapkan dengan telah dilakukannya pembenihan ini dapat menambah selera masyarakat kabupaten lingga yang sudah lahan cetak sawah.

“Kabar baik yang ingin kami sampaikan, dengan telah di LP2B kannya lahan serta telah di Perda kan oleh DPRD, dapat menambah keseriusan pihak swasta untuk mengelola bersama desa-desa yang menjadi spot pertanian sawah di kabupaten lingga ini.” tutupnya.

Baca juga :   Setelah 3 Tahun,Kursi Nanang Gunaryanto Kini Diduduki Puji Triasmoro

Hadir dalam kegiatan, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Lingga Gandime Diyanton, Kepala Dinas Dukcapil Recky Sarman Timur, Camat Singkep Pesisir M. Saman, Ketua DPRD Kabupaten Lingga Ahmad Nashiruddin, Pejabat Forkopimda, Ketua HKTI Provinsi Kepri H. Alias Wello dan rombongan, Kepala BSIP Kepri Ruslan Boy dan rombongan, Kepala Desa Lanjut, BPD dan Tokoh Masyarakat.(red/rls)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *