Bupati Lingga Perioritas Pembangunan, Pelestarian Budaya, dan Pengembangan Pariwisata

Lingga78 Views
banner 468x60

Selingga.com (01/03) Daik. Selama tiga tahun kepemimpinan Muhammad Nizar sebagai Bupati Lingga, terdapat beberapa pembangunan prioritas yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan melestarikan warisan budaya.

Salah satu proyek yang menonjol adalah pengembangan kawasan Kota Pusaka di wilayah kompleks Istana Damnah, Daik Lingga.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR), telah memulai proses rehabilitasi Balairung Istana Damnah yang terletak di Kelurahan Daik, Kecamatan Lingga itu pada tahun 2023 lalu.

Rehabilitasi ini bertujuan untuk mengembangkan kawasan pusaka yang telah menjadi ikon situs sejarah, agar tampak lebih baik, aman, nyaman, bersih, tertata, dan lebih estetis.

Kepala Dinas PUTR Lingga, Novrizal, melalui Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya, Deden Trisna Wijaya, menyatakan bahwa rehabilitasi Balairung Istana Damnah merupakan program prioritas pemerintah daerah yang bertujuan untuk pengembangan kawasan pusaka dan pelestarian situs sejarah di Kabupaten Lingga.

Dana untuk rehabilitasi ini bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2023 sebesar Rp 814 juta, dengan CV. Anak Tamiang sebagai perusahaan yang ditunjuk untuk melaksanakan pekerjaan tersebut.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *