Covid, Bengkel Modifikasi Motor Milik Ivanka Sepi Oderan

Lingga121 Views
banner 468x60

Selingga.com (13/08) Batu Kacang. Sejak berdiri belasan tahun yang lalu, bengkel las milik Ivanka yang terletak di jalan raya Desa Batu Kacang, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, sebagian besarnya mengerjakan modifikasi motor. Sejauh ini, sudah ratusan motor yang ditangani dari bengkel las milik Ivanka ini. Namun, saat ditemui pada Kamis (13/08) tadi di bengkelnya, Ivanka mengatakan kalau sejak adanya wabah Covid-19, orderan modifikasi sangat menurun dratis.

“Bengkel ini sudah belasan tahun mengerjakan modifikasi motor. Selama belasan tahun membuka bengkel ini, sudah ada sekitar ratusan motor yang dimodifikasi, tidak hanya dari Dabo, tetapi juga dari luar Dabo. Cuma semenjak adanya wabah Covid tadi, agak berkurang. Sekarang satu motor saja susah dalam satu bulannya. Biasanya 3-4 motor ada,” kata Ivanka.

Covid, Bengkel Modifikasi Motor Milik Ivanka Sepi Oderan

Ivanka mengatakan kalau rata-rata permintaan modifikasi di bengkelnya berupa japstyle, klasik sampai dengan modifikasi ekstrem.

“Rata-rata teman-teman yang mau modifikasi motornya di sini kebanyakan menginginkan aliran Japstyle. Selain itu, mereka juga minta modifikasi klasik sampai dengan ekstrem. Kalau modifikasi ekstrem, rata-rata yang dipakai bawaan motornya adalah hanya mesin, kerangka motornya akan dibuat baru,” jelas Ivanka.

Covid, Bengkel Modifikasi Motor Milik Ivanka Sepi Oderan

Untuk biaya modifikasi, Ivanka mengatakan kalau hal tersebut tergantung tingkat kesulitan dan juga bahan yang digunakan.

“Kalau untuk biaya, tergantung seberat mana yang akan dimodifikasikannya. Kalau yang sifatnya ekstrem, lebih besar lagi biayanya. Tergantung bahannya juga, apakah perlu banyak atau tidak. Kalau harga untuk modifikasi biasa, sekitar 3 jutaan, tetapi kalau modifikasi ekstrem, sekitar 7-8 jutaan. Ada juga konsumen yang hanya minta dibuatkan tangki motor yang sesuai dengan keinginan mereka,” papar Ivanka.

Pemilik bengkel las, Ivanka

Kalau untuk kendala, Ivanka mengaku kalau dirinya kesulitan untuk mendapatkan drum besi bekas dan juga galvanis lembaran yang harus didatangkan dari luar wilayah Lingga.

Baca juga :   Jakarta Diberikan Penghargaan Oleh LAM Kepulauan Riau Kabupaten Lingga

“Kendala saya itu biasanya dalam mendapatkan bahan baku. Bahan baku yang sering saya gunakan adalah drum besi bekas atau dari plat galvanis lembaran dan itu harus dikirim dari luar Dabo. Itu yang agak sulit,” kata Ivanka.

Covid, Bengkel Modifikasi Motor Milik Ivanka Sepi Oderan

Terakhir, Ivanka berharap pandemik Covid-19 segera berlalu dan ekonomi yang ada semakin membaik.

“Harapan saya, ekonomi segera membaik seperti biasa, sebelum adanya wabah Covid-19 ini,” kata Ivanka. (Im).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *