Damkar Unit Dabo Imbau Masyarakat Hindari Potensi Kebakaran

Lingga107 Views
banner 468x60

Selingga.com (24/02) Dabo. Menyikapi beberapa kejadian kebakaran lahan beberapa waktu yang lalu di sekitar Pulau Singkep, pihak Damkar Unit Dabo, Kabupaten Lingga kembali mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati terhadap potensi kebakaran yang ada. Ikmal Hakim selaku Danton Damkar Unit Dabo Singkep saat ditemui di kantornya di wilayah emplasemen Dabo Singkep, Kabupaten Lingga pada Kamis (24/02) tadi mengimbau masyarakat, khususnya yang ingin membuka lahan agar tidak dengan cara dibakar.

“Kami sebagai petugas Damkar selalu mengimbau kepada masyarakat bahwa bagi masyarakat yang membuka lahan kalau bisa jangan dengan cara dibakar,” kata Ikmal Hakim.

Danton Damkar Unit Dabo Singkep, Ikmal Hakim

Terkait hal tersebut, Ikmal Hakim mengatakan kalau masyarakat juga perlu mewaspadai intensitas panas yang cukup tinggi akhir-akhir ini.

“Baru-baru ini telah ada 2 kejadian, yaitu di Sungai Harapan, Pengambil. Itu ada kebakaran yang diduga diakibatkan karena membuka lahan dengan cara dibakar. Jadi hal ini perlu kita waspadai dengan intensitas panas yang cukup tinggi. Kami selaku petugas mengimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati,” jelas Ikmal Hakim.

Danton Damkar Unit Dabo Singkep ini juga menambahkan beberapa hari yang lalu, pihaknya juga menghadapi kebakaran lahan yang belum diketahui penyebabnya.

Damkar Unit Dabo Imbau Masyarakat Hindari Potensi Kebakaran

“Baru 2 hari ini adalagi kebakaran di sekitar jalan Todak. Namun belum dapat kita ketahui penyebab kebakarannya,” kata Ikmal Hakim.

Selain itu, anomali cuaca, yakni kondisi tidak teraturnya cuaca yang menyimpang dari keadaan normalnya secara rata-rata, juga harus menjadi perhatian masyarakat.

“Tetapi hal ini patut kita waspadai juga. Dikarenakan angin kencang, cuaca panas dan ekstrem, kadang-kadang sering berubah. Hal ini juga bisa memicu kebakaran,” kata Ikmal Hakim.

Damkar Unit Dabo Imbau Masyarakat Hindari Potensi Kebakaran

Seperti diketahui sebelumnya, kebakaran hutan dan lahan atau karhutla terjadi di beberapa titik yang ada di Kabupaten Lingga. Sedangkan untuk di Pulau Singkep, titik rawan terjadinya karhutla adalah di Kecamatan Singkep Barat dan Kecamatan Singkep Selatan. Dengan memiliki personel sekitar 18 orang dan 2 unit mobil pemadam kebakaran yang ada di Kecamatan Lingga dan Kecamatan Singkep, dalam operasinya Damkar Unit Dabo Singkep juga dibantu oleh pihak BPBD Kabupaten Lingga terkait dengan ketersediaan tangki dan suplai air. (Im).

banner 325x300
Baca juga :   Pjs Bupati Lingga Ingatkan Netralitas ASN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *