Demi Adipura, Junaidy Larang PKL Mangkal di Taman

Lingga108 Views
banner 468x60

Selingga.com (12/11).Kabupaten Lingga melalui Badan Lingkungan Hidup (BLH) nya akan mengejar penghargaan Adipura sebagai sasaran pencapaian untuk mengambil bantuan yang ada di pos-pos anggaran pusat. Agenda tersebut bukannya hal yang berlebihan mengingat kondisi Kabupaten Lingga saat ini masih lekat dengan defisit anggaran.
Untuk itu pembenahan taman kota yang ada di Dabo Kecamatan Singkep menjadi prioritas utama selain pasar dan beberapa poin dari 14 poin sebagai syarat untuk mendapatkan Adipura tersebut.
” Kecamatan Singkep ini akan kita usulkan sebagai daerah penerima penghargaan Adipura untuk tahun 2016 nanti. Untuk itu ada 14 poin yang akan kita persiapkan. Diantaranya fasilitas TPA,bandara,pasar,perumahan dasar,sekolah yang berbasis Adiwiyata.Untuk tahun 2016 ini kita akan bangun taman kota. Ini merupakan sasaran awal kita. Karena menjadi salah satu syarat untuk mendapatkan Adipura. Kita akan survey dan melihat kondisi eksisten yang ada ini. Nanti di APBD-P 2016 ini akan kita masukkan. Dari beberapa persyaratan tadi,kita mengkaji untuk Kecamatan Singkep layak untuk penerima Adipura kota sedang.Karra kota sedang itu syarat minimalnya berjumlah penduduk sebanyak 20.000 jiwa. Kita di Kecamatan Singkep ini sudah lebih dari 20.000 jiwa. Selain taman kota. kita juga akan membangun bank sampah.Namun saya tekankan juga,nanti nya tahun 2016 tidak ada lagi sampah yang masih berserakan. Karena TPA yang sudah ada 2 tahun lalu di Singkep Barat akan kita fungsikan.”Kata Drs.Junaidy Adjam.
Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Lingga ini juga menambahkan kalau fasilitas pendukung masih menjadi kendala utama.
” Ada beberapa fasilitas pendukung yang belum kita bisa kita benahi. Pertama pasar.Pasar itu bukan hanya pasar,tetapi bagaimana PKL nya. Bagaimana RTH nya,bagaimana penampungan sampah sekitar itu.Ini kendala kita karena terbatas anggaran.Dan kita minta SKPD yang terkait seperti PU di bidang persampahan untuk sama-sama mendukung.Kalau keberadaan PKL di taman Dabo akan kita relokasi.Karena taman ini lah yang mau kita benahi pada tahun 2016 nanti.Kalau sudah di benahi,tidak ada lagi PKL di sini.Kita pun sudah koordinasi dengan Camat Singkep.Dan mereka akan mengupayakan ke daerah Wisma Ria.Tapi pihak Kecamatan minta pihak PU untuk membangun fasilitasnya.Dan yang perlu diingat,keinginan kita untuk menjadikan daerah penerima Adipura jangan lah dijadikan hal yang prinsipil saja. Tetapi dengan predikat Adipura itu banyak pos-pos anggaran pusat yang bisa kita ambil untuk pembangunan daerah ini.”Papar Drs Junaidy Adjam ketika ditemui di taman kota Dabo pada Kamis (12/11) yang lalu.(Im).

banner 325x300
Baca juga :   Danlanal Dabo," Pantai Todak Merupakan Daerah Latihan TNI - AL, Setiap Jengkal Tanah Harus Di Pertahankan "

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *