Di RRI, PWI Tanjungpinang Bintan Gelar Dialog Interaktif

0
Radio Republik Indonesia (RRI) dan PWI Tanjungpinang - Bintan gelar dialog interaktif dalam rangka Hari Pers Nasional 2019. (foto : Humas PWI Tanjungpinang - Bintan)

Selingga.com (08/02) Dabo. Menguatkan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital, menjadi tema yang digelontorkan PWI Tanjungpinang-Bintan pada Jum’at (08/02) pagi tadi di Tanjungpinang. Tema dalam dialog interaktif yang ditaja Radio Republik Indonesia (RRI) itu, diangkat bersempenakan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2019 yang jatuh pada tanggal 09 Februari untuk tiap-tiap tahunnya.

Jalannya dialog interaktif di Kantor RRI Tanjungpinang yang beralamat di Jalan Ahmad Yani saat itu, menghadirkan perwakilan dari PWI Arga Permadi, Suhardi dan Rony. Dari realease Humas PWI Tanjungpinang Bintan, Rony mengatakan kalau idealnya HPN adalah sinergitas antara masyarakat.

“HPN awalnya digodok sewaktu kongres PWI ke 28 tahun 1978. Peringatan HPN pada 9 Februari dilaksanakan sesuai Keputusan Presiden Nomor 5 Tahun 1985. Idealnya HPN merupakan sinergitas antara masyarakat, pemerintah dan pers itu sendiri,” kata Rony yang saat itu mewakili Ketua PWI Tanjungpinang – Bintan Zakmi Piliang.

Radio Republik Indonesia (RRI) dan PWI Tanjungpinang – Bintan gelar dialog interaktif dalam rangka Hari Pers Nasional 2019. (foto : Humas PWI Tanjungpinang – Bintan)

Sementara Arga Permadi berharap kepada wartawan, kedepannya bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, guna menjawab Era Media Daring yang ada saat ini.

“Dewan Pers telah membuat aturan Uji Kompetensi Wartawan, sudah sesuai aturan dan semakin ketat. Jadi diharapkan profesi wartawan semakin kedepannya, semakin profesional dalam menjawab era media daring,” kata Arga Permadi.

Suhardi selaku Wakil Sekretaris PWI Tanjungpinang Bintan dalam dialog yang ada, mengatakan kalau wartawan yang sudah memahami Ilmu Jurnalistik, yang nantinya akan bisa bertanggung- jawab terhadap medianya.

“Aturan untuk lulus sertifikasi media kini diperketat. Penanggung jawab media juga wajib lulus uji kompetensi tingkat Utama. Artinya, hanya wartawan yang sudah memahami dan mengerti tentang ilmu jurnalistik yang mumpuni yang bisa bertanggung jawab atas medianya. Semoga kedepannya kepercayaan masyarakat kepada media massa akan terus meningkat, kata Suhardi.

Radio Republik Indonesia (RRI) dan PWI Tanjungpinang – Bintan gelar dialog interaktif dalam rangka Hari Pers Nasional 2019. (foto : Humas PWI Tanjungpinang – Bintan)

Suhardi juga berpesan kalau dengan adanya Era Digital ini, jangan menjadi ajang perlombaan untuk membuat media baru tampa ditunjang dengan pengalaman yang mempuni.

Dalam dialog yang dipandu oleh Agus Santika dari RRI tersebut, dihadiri juga narasumber Zamzami selaku Staf Ahli Dewan Pers, Ridarman Bay selaku Senior Wartawan di Kepri dan Perwakilan Aliansi Jurnalis Independen. (Im).

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan balasan