Dinas Kebudayaan Lingga Luncurkan Novel Sejarah Rida K Liamsi, “Lanun Alang Tiga”

Lingga258 Views
banner 468x60

Selingga.com (23/05) Daik. Peluncuran buku novel sejarah “Lanun Alang Tiga” karya Datuk Seri Lela Budaya, Dato’ Rida K Liamsi telah dilaksanakan pada Senin, 22 Mei 2023 tadi di Gedung Lembaga Adat Melayu Kabupaten Lingga. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga selaku penerbit novel sejarah tersebut dan dibuka oleh pejabat Asisten III Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Lingga, Siswandi yang mewakili Bupati Lingga.

Plt. Kadis Kebudayaan Kabupaten Lingga, Drs. Azmi usai kegiatan peluncuran hari itu mengatakan kalau Pemkab Lingga sangat memberikan apresiasi terkait adanya kerja sama dengan Budayawan Dato’ Rida K Liamsi selaku penulis buku novel sejarah “Lanun Alang Tiga” tersebut.

Plt. Kadis Kebudayaan Kabupaten Lingga, Drs. Azmi

“Alhamdulillah, puji syukur kita sampaikan kepada Allah bahwa pada Senin, 22 Mei 2023 kita dapat melaksanakan peluncuran buku novel sejarah yang berjudul “Lanun Alang Tiga” hasil karya pujangga besar kita dari Kepulauan Riau, Datuk Seri Lela Budaya, Dato’ Rida K Liamsi. Pemerintah Kabupaten Lingga merasa bersyukur karena dapat bekerja sama dengan Dato’ Rida dalam mengukir sejarah,” kata Azmi.

Azmi menambahkan kalau hal tersebut juga terkait dengan adanya beberapa sejarah yang memang ada di Kabupaten Lingga sebelumnya.

“Pada hari ini telah lahir sebuah novel sejarah yang ke depannya insya Allah dan bukan tidak mungkin novel ini akan menjadi bukti bahwa sejarah itu ada, apa adanya memang ada. Bahwa sejarah itu memang ada dan besar di Kabupaten Lingga. Tahniah dan apresiasi setinggi-tingginya kita berikan kepada Datuk Seri Lela Budaya, Dato’ Rida K Liamsi. Insya Allah berkah,” kata Azmi.

Dinas Kebudayaan Lingga Luncurkan Novel Sejarah Rida K Liamsi, “Lanun Alang Tiga”

Untuk ke depannya, Azmi mengatakan kalau pihaknya juga akan menerbitkan beberapa buku yang terkait dengan cendekiawan muslim dari Kabupaten Lingga.

Baca juga :   Sosialisasi Keimigrasian tentang Anak Berkewarganegaraan Ganda dan Fasilitas Keimigrasian

“Insya Allah beberapa bulan ke depan kita akan melahirkan juga beberapa judul buku terkait tentang cendekiawan muslim kita, Tengku Muhammad Saleh Damnah yang sekarang dalam proses penulisan oleh kawan-kawan tim yang di dalamnya juga ada Dato’ Rida K Liamsi,” jelas Azmi.

Tidak hanya itu, pihak Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga juga akan menerbitkan buku tentang cerita rakyat yang ada di bumi Bunda Tanah Melayu ini.

“Insya Allah beberapa bulan ke depannya akan kita luncurkan sebuah judul buku tentang cerita rakyat di Kabupaten Lingga,” kata Azmi.

Terkait hal tersebut, Azmi meminta dukungan dari semua pihak.

“Mohon doa dan dukungan semua pihak. Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Dinas Kebudayaan akan membuat, mencetak tulisan dan buku ini melalui anggaran 2023,” kata Azmi.

Dinas Kebudayaan Lingga Luncurkan Novel Sejarah Rida K Liamsi, “Lanun Alang Tiga”

Cetakan I 2023 novel sejarah “Lanun Alang Tiga” ini yang diterbitkan oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga ditulis oleh Rida K Liamsi dan disunting oleh Ayoe SW ini terbit sebanyak 355 halaman. Rida K Liamsi sendiri merupakan putra kelahiran Bakong, Singkep Barat, Kabupaten Lingga. Dalam novel ini juga mengikutkan beberapa nama daerah yang ada di Kabupaten Lingga. Alang Tiga juga merupakan salah satu pulau yang saat ini berada di wilayah Kecamatan Kepulauan Posek, Kabupaten Lingga. Dalam peluncuran buku tersebut juga diisi dengan pembacaan puisi yang diambil dari buku novel sejarah “Lanun Alang Tiga” oleh Komunitas Sastra Dilaut. (Im).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *