Dinas Kebudayaan Lingga Sukses Gelar Lomba Baca Puisi dan Peluncuran Buku Puisi “Suara dari Kota Timah”

Lingga90 Views
banner 468x60

Selingga.com (10/11) Dabo. Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga sukses menggelar kegiatan lomba baca puisi dan juga sekaligus menggelar peluncuran buku kumpulan puisi “Suara dari Kota Timah” karya Raja Ali Raja Muhammad Mochsein. Puncak kegiatan digelar pada Rabu malam (09/11) tadi di lingkungan Emplasemen Dabo Singkep, Kabupaten Lingga. Plt. Kadis Kebudayaan Lingga, Drs. Azmi saat ditemui usai kegiatan mengatakan kalau kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan peringatan Hari Jadi ke-19 Kabupaten Lingga tahun ini. Untuk kegiatan lomba baca puisi diikuti oleh 13 peserta yang merupakan utusan dari 13 kecamatan yang ada di Kabupaten Lingga. Turut hadir juga saat itu adalah Datuk Seri Lela Budaya Rida K Liamsi dan juga pemilik buku “Suara dari Kota Timah”, Raja Ali Raja Muhammad Mochsein yang merupakan zuriat kelima dari Raja Ali Haji.

“Kegiatan yang kita laksanakan pada malam hari ini sepenuhnya kegiatan Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga, kita beri judul Lomba Baca Puisi Hari Pahlawan dan bersempena dengan peringatan Hari Jadi ke-19 Kabupaten Lingga tahun 2022. Kemudian kita sejalankan juga dengan peluncuran buku hasil tulisan orang tua kita dengan judul “Suara dari Kota Timah” hasil karya orang tua kita, Bapak Raja Ali Bin Raja Muhammad Mochsein,” kata Azmi.

Plt. Kadis Kebudayaan Lingga, Drs. Azmi

Selain itu Azmi juga mengatakan kalau kegiatan tersebut juga sebagai upaya untuk memberikan laluan kepada para penghobi puisi.

“Kegiatan ini kita laksanakan sudah barang tentu dalam upaya memberi laluan kepada penggiat-penggiat, rekan-rekan yang memang hobi dan suka berpuisi. Tentunya haluan yang kita berikan walaupun hanya dapat setahun sekali, namun ini sudah barang tentu kita berharap bisa memberi makna bagi kawan-kawan yang memang suka tentang puisi ini,” kata Azmi.

Baca juga :   Unjuk Rasa Pekerja Timah Tradisional

Azmi berharap ke depannya kegiatan puisi dapat digelar lebih dari sekali dalam setiap tahunnya.

“Ke depannya kita berharap berpuisi tidak hanya dilakukan setahun sekali, mungkin kita berharap ada even-even lain, ada semacam agenda-agenda rutin yang kita laksanakan setahun empat kali atau setahun tiga kali. Semuanya akan kita pikirkan bersama-sama dan mudah-mudahan dengan kemampuan keuangan kita nantinya dapat kita olah dan kita laksanakan itu,” kata Azmi.

Dinas Kebudayaan Lingga Sukses Gelar Lomba Baca Puisi dan Peluncuran Buku Puisi “Suara dari Kota Timah”

Tidak lupa Plt. Kadis Kebudayaan Kabupaten Lingga ini juga memberikan apresiasi kepada Komunitas Sastra Dilaut yang telah membantu dari awal pelaksanaan kegiatan lomba baca puisi dan peluncuran buku puisi “Suara dari Kota Timah” tersebut.

“Alhamdulillah kita berterima kasih kepada kawan-kawan Komunitas Sastra Dilaut yang dengan luar biasa dukungan sepenuhnya kepada Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Dinas Kebudayaan ini. Tanpa komunitas ini mungkin kegiatan ini tidaklah begitu bermakna. Sekali lagi, tahniah dan syabas kepada kawan-kawan yang di Komunitas Sastra Dilaut,” kata Azmi.

Tidak hanya Komunitas Sastra Dilaut, Azmi juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Gasing Kustik yang telah ikut memeriahkan acara tersebut hingga puncak kegiatan semakin semarak.

Dinas Kebudayaan Lingga Sukses Gelar Lomba Baca Puisi dan Peluncuran Buku Puisi “Suara dari Kota Timah”

“Kemudian di musiknya kita sangat berterima kasih juga kepada kawan-kawan Gasing Kustik yang juga sudah memberi kontribusi yang luar biasa juga pada malam hari ini sehingga acara pada malam hari ini kita laksanakan cukup bermakna, memberi manfaat, dan memberi tanda bahwa kita semakin baik dalam seni dan berpuisi,” kata Azmi.

Dinas Kebudayaan Lingga Sukses Gelar Lomba Baca Puisi dan Peluncuran Buku Puisi “Suara dari Kota Timah”

Jalannya kegiatan malam itu juga dilakukan pemberian hadiah bagi para pemenang lomba baca puisi. Juara pertama lomba baca puisi adalah utusan dari Kecamatan Singkep, juara kedua dari utusan Kecamatan Lingga dan juara ketiga dari Kecamatan Bakung Serumpun.(Im).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *