Dinas Sosial dan Piswan Lingga Gelar Seminar Perempuan Handal

Lingga96 Views
banner 468x60

Selingga.com (18/11) Dabo. Dalam menyikapi era globalisasi dan digitalisasi saat ini, terutama bagi kaum wanita, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kabupaten Lingga bekerja sama dengan Persatuan Istri Dewan (Piswan) Kabupaten Lingga menggelar kegiatan Seminar Perempuan Handal untuk menyikapi kemajuan teknologi yang ada saat ini. Kegiatan ini digelar pada Kamis (18/11) tadi di ruang serba guna One Hotel, Dabo Singkep, Kabupaten Lingga. Kadis Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kabupaten Lingga, Kisan Jaya usai kegiatan mengatakan kalau saat ini para wanita dihadapkan dengan kemajuan teknologi dalam kehidupan sehari-hari mereka.

“Kegiatan kita ini adalah kemitraan kita dengan lembaga Piswan (Persatuan Istri Dewan) dalam rangka untuk meningkatkan Pengarusutamaan Gender (PUG). Substansinya yang kita jadikan tema adalah bagaimana wanita-wanita tangguh itu dalam menghadapi era globalisasi dan digitalisasi ini. Saat ini permasalahan isu yang kita dengar bahwa para wanita ditantang dengan teknologi. Semua sudah menggunakan teknologi, baik pendidikan dalam mengasuh anak maupun berbelanja,” kata Kisan Jaya.

Kisan Jaya juga mengatakan kalau dari kegiatan yang dilaksanakan hari itu diharapkan bisa memberikan kontribusi terkait dengan pola pikir wanita-wanita yang ada saat ini.

“Jadi bagaimana kita mengondisikan acara ini yang narasumbernya kita cari yang terbaik, sehingga bisa memberikan kontribusi untuk membuka mindset wanita-wanita kita di Lingga ini,” kata Kisan Jaya.

Kadis Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kabupaten Lingga, Kisan Jaya

Selain itu juga, dari kegiatan yang dilaksanakan ini diharapkan nantinya bisa berkembang dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Pesertanya sekitar 50 peserta. Harapan kita, ini bisa menjadi pionernya, sebagai penggeraknya. Mudah-mudahan dari kegiatan ini bisa berkembang nantinya. Pihak yang kita undang ini merupakan ketua-ketua persatuan wanita. Mudah-mudahan nanti bisa diterapkan di dalam aktivitasnya dan ke anggotanya nanti,” jelas Kisan Jaya.

Baca juga :   Tidak Ditemukan Adanya Indikasi Penimbunan BBM di Tongkang Sungai Buluh

Kisan Jaya meminta para wanita yang ada tidak salah dalam menggunakan teknologi yang ada saat ini.

“Ini merupakan langkah awal. Kita manfaatkan dahulu momen wanita-wanita yang sudah menggunakan teknologi ini. Artinya mereka sudah memiliki pengetahuan terkait teknologi dan menerapkannya. Namun jangan salah menggunakan teknologi itu. Kita manfaatkan itu,” kata Kisan Jaya.

Bagi kalangan wanita yang belum tersentuh dengan teknologi yang sedang berkembang saat ini, nantinya bisa diberikan pemahaman terkait dengan teknologi itu.

“Untuk langkah selanjutnya, nanti mungkin bagi wanita-wanita kita yang belum tersentuh teknologi, tentunya nanti kita akan berikan pemahaman-pemahaman itu. Sekarang sudah harus menggunakan teknologi itu,” kata Kisan Jaya.

Terakhir, Kadis Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kabupaten Lingga ini mengatakan agar dapat memanfaatkan teknologi yang ada dengan sebaik mungkin.

“Jadi untuk langkah awalnya, mereka yang sudah ada, kita manfaatkan. Supaya pemanfaatan dari teknologi ini bisa bermanfaat dari segi ekonomi, dari segi pendidikan, dan dari segi lainnya yang sudah mengarah ke sana,” kata Kisan Jaya.

Sementara itu Ketua Piswan Kabupaten Lingga, Marlina mengatakan kalau saat masa pandemik, banyak sekali tantangan yang harus dihadapi oleh kaum wanita.

Dinas Sosial dan Piswan Lingga Gelar Seminar Perempuan Handal

“Banyak sekali tantangan bagi perempuan di tengah masa pandemi Covid-19, segala sesuatunya dilaksanakan secara daring. Contohnya seperti berjualan,” kata Marlina.

Marlina berharap kalangan wanita yang mengikuti jalannya kegiatan saat itu bisa memanfaatkan ilmu yang diberikan tersebut.

“Harapan kita dengan kegiatan ini, ibu-ibu yang ikut kegiatan ini agar dapat memanfaatkan ilmu yang diberikan dan dapat diaplikasikan nantinya,” kata Marlina. (Im).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *