Duta Baca Indonesia Gol A Gong Temui Pegiat Literasi di Kabupaten Lingga

Lingga322 Views
banner 468x60

Selingga.com (28/07) Dabo. Duta Baca Indonesia (DBI) Gol A Gong yang telah ditunjuk sebagai motivator pembudayaan kegemaran membaca kepada masyarakat serta untuk mengampanyekan agar selalu aktif dalam kegiatan literasi telah mengunjungi Kabupaten Lingga. Gol A Gong yang merupakan nama pena dari Heri Hendrayana Harris sedang menjalani safari literasi duta baca Indonesia dengan tema “Membaca Itu Sehat, Menulis Itu Hebat” tersebut, bertemu dan menyapa para pengiat literasi yang ada di Daik dan Dabo Singkep.

Untuk penggiat literasi yang berada di Daik, Gol A Gong bertemu secara langsung dengan didampingi oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kepulauan Riau, Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lingga, tepatnya di Kafe Priska Jalan Robat, Daik Lingga pada Kamis malam (27/07) tadi.

Duta Baca Indonesia Gol A Gong Temui Pegiat Literasi di Kabupaten Lingga

Sementara itu untuk para penggiat literasi yang berada di Dabo Singkep, di waktu dan hari yang sama, Gol A Gong berkomunikasi dengan menggunakan aplikasi video call yang terhubung langsung dengan Plt. Kadis Kebudayaan Kabupaten Lingga, Drs. Azmi yang saat itu didampingi oleh  Komunitas Sastra Dilaut di Kafe Dapur  Mamak, Dabo Singkep, Kabupaten Lingga.

Dalam komunikasinya saat itu dengan Drs. Azmi dan Komunitas Sastra Dilaut, Gol A Gong menyempatkan untuk  memberikan motivasinya kepada para anggota Komunitas Sastra Dilaut yang sebagian besarnya merupakan kalangan pelajar untuk selalu aktif dan turut  mengembangkan literasi di Kabupaten Lingga.

Selain itu, dari perbincangan melalui komunikasi jarak jauh yang dikarenakan berbeda pulau tersebut, ada wacana terkait dengan pembangunan gedung perpustakaan dan kearsipan di Kabupaten Lingga. Meski belum tahu apakah hal tersebut bisa terealisasi nantinya, namun wacana tersebut diapresiasi oleh pihak Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga.

Duta Baca Indonesia Gol A Gong Temui Pegiat Literasi di Kabupaten Lingga

“Kita sangat memberikan apresiasi, mendukung, dan berharap penuh rencana pembangunan gedung perpustakaan dan kearsipan di Kabupaten Lingga segera terealisasi demi mewujudkan Kabupaten Lingga sebagai salah satu kabupaten yang membudayakan literasi,” kata Azmi.

Baca juga :   SMPN 2 Singkep Selenggarakan Workshop Pemetaan Dan Perencanaan Mutu Pendidikan 2019

Senada dengan Azmi, Komunitas Sastra Dilaut melalui ketuanya, Ayoe SW juga sangat merespon positif adanya rencana pembangunan gedung perpustakaan dan kearsipan di Kabupaten Lingga yang diapresiasi dan didukung oleh Duta Baca Indonesia, Gol A Gong. Hal ini tercetus dalam berita acara hasil diskusi bersama melalui komunikasi jarak jauh dengan Gol A Gong saat itu.

“Hal ini tentunya memberi laluan kepada generasi muda agar turut berperan membudayakan literasi dalam kehidupan mereka,” kata Ayoe SW.

Adapun rumusan hasil diskusi bersama tersebut dapat disimpulkan, yaitu fasilitasi penulisan dan penerbitan buku, fasilitasi anugerah buku, festival literasi, distribusi buku, revitalisasi Sastra Melayu Lama, dan workshop kepenulisan.

Kehadiran Duta Baca Indonesia di Daik Lingga, selain untuk mendukung Penguatan Budaya Literasi di Kabupaten Lingga yang terselenggara atas kerja sama Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kepulauan Riau, juga sebagai narasumber dalam kegiatan Workshop Big Book bersama Duta Baca Indonesia, Gol A Gong yang diselenggarakan pada Kamis, 27 Juli 2023 di  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lingga. (Im).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *