Kaliandra Hijaukan Lahan Eks Tambang

Selingga.com (29/02) Singkep Barat. Lahan pasca tambang di Kecamatan Singkep Barat mampu dihijaukan dengan Kaliandra Merah,jenis tanaman Legium oleh Gerakan Singkep Go Green yang dilakukan pihak Sosiopreneur Demi Industris (SDI) Kabupaten Lingga. Seluas 6 hektar lahan kaliandra tahap awal ini dibudidayakan didaerah Cik Latif Singkep Barat. Tanaman kaliandra ini ditanam sejak Januari 2015 lalu,dengan ketinggian batang saat ini berkisar 4-5 meter.
Dipilih nya kaliandra ini tidak terlepas dari multi guna dari jenis tanaman Legum ini.Selain dapat menghasilkan energi pembangkit listrik,dapat juga sebagai alternatif buat pakan ternak. Bunganya yang mengandung nektar ini juga mampu  memancing lebah madu untuk menjadikan nya sebagai tempat tinggal mereka.
” Kita menargetkan penanaman kaliandra di daerah Cik Latif ini sebanyak 60 hektar. Kemudian setelah ini,kita akan buka 100 Ha lagi di daerah Air Mas. Dan untuk itu kita telah mulai dengan melakukan tahapan pembibitan”.Kata Ridwan selaku GM Perkebunan Kaliandra Lingga kepada pihak media pada Senin (29/02).
Kaliandra merupakan tanaman penyubur tanah dan memiliki kalori yang tinggi Disamping itu tanaman kaliandra ini dapat juga sebagai alternatif untuk wood pellets dan harga nya terjangkau. (Im).

Read Previous

Prakiraan Cuaca Tanggal 02 Maret 2016 Wilayah Kabupaten Lingga

Read Next

Pihak DPRD Dukung Sawah Awe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *