Kapal Yacht Yang Dinakhodai Warga Kanada “Terdampar” di Laut Lingga

Lingga112 Views
banner 468x60

Selingga.com (02/02) Dabo. Setelah sebelumnya sebuah yacht (kapal) dengan nama lambung Gitana telah mengalami kerusakan mesin dan terombang-ambing di perairan Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri, kini nakhoda kapal, warga asal Kanada, Gruening Jeremy Graham Benyamin bersama keluarganya Gruening Tasha Adina, Gruening Tefarah Amnika, dan Gruening Seneika Jada telah dievakuasi ke Lanal Dabo dengan menggunakan kapal Sea Reader milik TNI-AL. Sedangkan yacht tersebut ditarik dengan menggunakan tug boat.

Danlanal Dabo Singkep, Letkol (P) Didik Hermawan, saat ditemui di Makolanal Dabo Singkep pada Rabu (02/02) tadi mengatakan kalau sebelumnya Jeremy beserta keluarganya yang bertolak dari Malaysia akan ke Jakarta dengan menggunakan yacht.

Kapal Yacht Yang Dinakhodai Warga Kanada “Terdampar” di Laut Lingga

“Bapak Jeremy ini datang dari Kanada ke Malaysia dengan menggunakan pesawat, rencananya ke Malaysia. Kemudian dari Malaysia rencananya ke Jakarta. Dalam perjalanan dengan menggunakan kapal jenis yacht, kehabisan bahan bakar dan mengalami kerusakan mesin,” kata Danlanal Dabo.

Letkol (P) Didik Hermawan juga menambahkan kalau yacht buatan tahun 1979 dengan ukuran 56 kaki yang bertolak dari dari Port Dickson Malaysia menuju Jakarta sekitar pukul 15.00 WIB tersebut saat ini sedang menunggu perbaikan dan pengisian bahan bakar.

Nakhoda kapal, warga asal Kanada, Gruening Jeremy Graham Benyamin bersama keluarganya telah dievakuasi ke Lanal Dabo dengan menggunakan kapal Sea Reader milik TNI-AL.

“Kita tadi juga telah melakukan evakuasi dengan teman-teman dari KKP, Imigrasi, Basarnas, dan Polairud. Sekarang kapalnya berada di sebelah Selatan Pulau Lalang yang sebelumnya telah diamankan oleh warga dan Pos AL di sana sambil menunggu perbaikan dan pengisian bahan bakar,” jelas Letkol (P) Didik Hermawan.

Untuk sementara ini, Jeremy beserta keluarganya ditempatkan di Lanal Dabo Singkep.
“Jeremy beserta keluarga akan kita tempatkan di Lanal Dabo. Kita juga akan berkoordinasi dengan pihak Imigrasi terkait dengan identitasnya dan tinggal sementara di Dabo Singkep ini,” kata Danlanal Dabo Singkep, Letkol (P) Didik Hermawan.

Baca juga :   SDIT Al-Madani Gelar Little Kids Great Talent
Danlanal Dabo Singkep, Letkol (P) Didik Hermawan

Sebelumnya diketahui kalau kapal yacht Gitana tersebut mengalami kerusakan di koordinat 0°42’41.0″S 104°28’32.7″E. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 18.00 WIB di sekitar perairan Pulau Lalang. (Im).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *