Kapolres Anambas Gelar “Jumat Curhat” di Desa Sri Tanjung

Kepri134 Views
banner 468x60

Selingga.com (05/05) Kepulauan Anambas. Kapolres Kepulauan Anambas, AKBP Apri Fajar Hermanto, S.IK didampingi Kasat Binmas Polres Kepulauan Anambas, AKP Mukiman, Kapolsek Siantan, Iptu Gunawan Husein beserta beberapa PJU Polres Anambas menyambangi warga Desa Sri Tanjung Siantan. Kunjungan yang berlangsung pada Jumat (05/05) tersebut terkait dengan pelaksanaan kegiatan “Jumat Curhat” yang merupakan program mingguan untuk mendengarkan secara langsung keluhan masyarakat,

Dalam kesempatan ini hadir diantaranya beberapa tokoh masyarakat, pemuda, beberapa organisasi dari KNPI hingga para ketua-ketua nelayan yang ada di Kabupaten Anambas.

Kapolres menyampaikan beberapa programnya untuk bisa diselaraskan melalui program lain dari KNPI, Organisasi Nelayan, sehingga dapat berjalan secara berkesinambungan guna mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat baik dibidang perikanan, perkebunan, kelautan maupun pariwisata.

Selanjutnya Kasat Binmas AKP Mukiman menghimbau kepada para tamu undangan agar dapat mensosialisasikan pencegahan KARHUTLA (Kebakaran Hutan dan Lahan).

Ketua KNPI Anambas, Khaidir yang juga menjabat sebagai Ketua RW setempat menyampaikan agar Kapolres dapat menerima masukan ataupun kritikan masyarakat guna menciptakan kondisi yang lebih harmonis dan membangun.

“Kami mohon maaf sebelumnya kepada bapak Kapolres bilamana kami kritis dalam menyampaikan pendapat”, kata Khaidir.

Tokoh pemuda setempat juga menyampaikan potensi kelautan dan perikanan di Kepulauan Anambas sangatlah melimpah namun masyarakat masih bekerja dengan menggunakan peralatan seadanya (tradisional) sehingga belum efisien dalam sistem penangkapan, potensi kelautan besar namun belum dikelola dengan baik.

“Perlu adanya dukungan dari Kepolisian untuk menertibkan beberapa oknum/pelaku usaha lokal agar merubah alat tangkap yang dapat menimbulkan kerusakan terumbu karang atau masih dengan menggunakan putas (racun ikan). Kami juga berharap Polisi Airud, Binmas, maupun Bhabinkamtibmas untuk membantu mensosialisasikan ke nelayan. Karena dalam menyelam masih menggunakan peralatan pernafasan seperti oksigen, hal ini bisa menyebabkan fatal terhadap nelayan itu sendiri,” tambah Khaidir.

Baca juga :   Kenaikan Pangkat Irjen Pol. Drs. Tabana Bangun, M.SI dan Brigjen Pol M Rudy Syafirudin, S.I.K., S.H

Sementara itu Kapolres Kepulauan Anambas berharap para pemuda dapat terus meningkatkan potensi alam yang ada di daerah tersebut.

“Saya ingin, khususnya kelompok muda untuk terus meningkatkan potensi alam yang agar dapat menunjang ekonomi masyarakat di sektor perikanan kelautan perikanan maupun pariwisata, juga perlu dilakukan modernisasi alat tangkap bagi nelayan yang selama ini masih menggunakan cara tradisional dalam menangkap ikan,” ucap Kapolres.

Kapolres Kepulauan Anambas ini juga menegaskan kalau pihaknya berkeinginan untuk selalu memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Kami ingin melakukan suatu hal yang bermanfaat di Anambas ini agar masyarakat benar-benar merasakan hadirnya negara ditengah masyarakat yang diwakili oleh Kepolisian maupun TNI,” kata AKBP Afri Fajar Hermanto. (Red/Rilis).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *