Kemah Literasi Digital, Kwarcab Lingga Gandeng PWI

Lingga51 Views
banner 468x60

Selingga.com (19/10) Dabo. Penambahan wawasan literasi dalam konsep literasi digital yang dikhususkan buat Tingkat Penegak, digelar Kwarcab Lingga dengan mengemasnya dalam konsep “Kemah Literasi Digital”. Kegiatan yang menggandeng PWI Kabupaten Lingga ini, digelar dari tanggal 18-20 Oktober 2019 di Pantai Desa Batu Berdaun, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga. Kegiatan Kemah Literasi Digital itu di buka pada Jum’at (18/10) tadi di Dabo dengan diikuti perwakilan pramuka se-Kabupaten Lingga. Jalannya kegiatan malam itu juga ditandai dengan adanya MoU antara pihak Kwarcab Kabupaten Lingga dengan PWI Kabupaten Lingga.
“Kegiatan yang kita lakukan ini bagian dari kegiatan yang memang sudah diagendakan di pramuka. Kemah Literasi Digital ini tentunya kegiatan yang sangat positif untuk memberikan wawasan kepada adik-adik kita, terutama di tingkat Penegak, agar mereka memahami betul bagaimana cara berpikir seorang jurnalis. Di situ ada konsep literasi, membaca. Lebih jauhnya bukan hanya membaca, tetapi bagaimana dia menelaah, melakukan kajian, dan berpikir secara objektif dalam menelaah sebuah persoalan. Tentunya dalam aspek digitalisasi. Kitakan sekarang dalam masa digitalisasi, internet dan sebagainya, kita lihat bagaimana adik-adik ini dapat mencermati, dapat mengkaji aspek negatif dan positifnya,” kata Ka Kwartir Cabang Kabupaten Lingga, Drs. Junaidi Adjam kepada pihak media.

Kasat Reskrim Polres Lingga, AKP Rangga Primazada

Junaidi berharap dengan kegiatan yang ada itu dapat menghindari dari penyebaran informasi hoak, serta dapat melahirkan pemikiran yang lebih objektif.
“Harapan kita, adik-adik ini bisa menghindari persoalan-persoalan terkait penyebaran informasi yang salah, seperti hoax, mengirim berita-berita yang tidak benar kepada orang lain. Dengan konsep kegiatan ini, bisa menghindari itu, dan adik-adik akan berpikir objektif untuk itu. Kemudian juga memberikan sesuatu yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang banyak,” tambah Junaidi.
Ka Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Lingga ini juga memberikan apresiasinya kepada pihak PWI Lingga, terkait dengan kegiatan yang ada tersebut.
“Kita memberikan apresiasi kepada kawan-kawan PWI Lingga yang sudah bersinergi, berkolaborasi, supaya kegiatan ini lebih baik lagi. Apalagi dengan mendatangkan kawan-kawan dari jurnalis senior,” kata Junaidi.
Mewakili Polres Lingga, AKP Rangga Primazada tampil sebagai pemateri pada jalannya kegiatan saat itu. Kasat Reskrim di Polres Lingga ini memaparakan trend tantangan dan ancaman dunia saat ini. AKP Rangga Primazada ini juga menekankan untuk tetap terjaganya kamtibmas di wilayah hukum Polres Lingga tersebut.

“Adik-adik disini, perannya sangat penting sekali, untuk mewujudkan kondisi Lingga yang aman dan kondusif. Satu contoh saja, dengan adik-adik melaksanakan kegiatan bhakti sosial, kemudian menjaga lingkungan, baik itu mengenai perkembangan-perkembangan dan kemajuan yang ada di Lingga, menyampaikan kepada masyarakat yang ada di luar Kabupaten Lingga. Sehingga masyarakat yang ada di luar Kabupaten Lingga bisa mengetahui bahwa di Kabupaten Lingga ini aman dan kondusif,” papar AKP Rangga Primazada.
Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Perkemahan Literasi Digital, Akhlil Fikri, mengatakan kalau jalannya kegiatan yang ada, menghadirkan beberapa narasumber dari luar Lingga.
“Perkemahan Literasi Digital digelar selama 3 hari dan nantinya akan digelar di Pantai Desa Batu Berdaun. Kegiatan ini diikuti oleh peserta sekitar 50 orang perwakilan pramuka se-Kabupaten Lingga. Untuk kegiatan perkemahan literasi digital, kita akan mendatangkan narasumber yang berkompeten, yakni Lana dari Kompas, Anwar Sadat yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Ketua AJI Batam dan saat ini sebagai Pemred Kabar Batam, serta Bagas dari Metro TV,” kata Fikri.
Hadir juga dalam kegiatan saat itu, Kejari Lingga yang diwakil oleh Kasintelnya, M. Andi Sofyan, S.H, Lanal Dabo yang diwakili oleh Danpomal, Kapten Ferry, kemudian hadir juga Rutan Dabo yang diwakili oleh Ippo. (Im).

banner 325x300
Baca juga :   KONI Lingga Hadiri Porwil Sumatera XI Riau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *