Komunitas Sastra Dilaut Gelar Zoom Meeting Pengumuman Tiga Video Terbaik Lomba Video Kreatif Gurindam Dua Belas di Tumang Garden

Lingga68 Views
banner 468x60

Selingga.com (08/09) Singkep Barat. Puncak dari kegiatan Lomba Video Kreatif Gurindam Dua Belas Raja Ali Haji untuk tingkat SMP dan SMA sederajat se-Kabupaten Lingga yang diselenggarakan oleh RD. Paschal bekerja sama dengan Komunitas Sastra Dilaut (KSD) berupa penyelenggaraan kegiatan zoom meeting dengan tema “Revitalisasi Gurindam Dua Belas Raja Ali Haji”. Kegiatan yang digelar pada Selasa, 7 September 2021 di Tumang Garden (TG), Kelurahan Raya, Kecamatan Singkep Barat, Kabupaten Lingga tersebut digelar dengan konsep outdoor untuk luring dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan secara daring melalui zoom meeting. Kegiatan tersebut dilaksanakan juga terkait dengan peluncuran buku “Aneka Relasi Manusia Menurut Gurindam Dua Belas Raja Ali Haji” yang ditulis oleh RD. Paschal sebelumnya.

Ketua Komunitas Sastra Dilaut, Ayoe SW saat ditemui usai kegiatan mengatakan kalau jalannya zoom meeting tersebut menghadirkan beberapa narasumber dari luar Kabupaten Lingga.

Ketua Komunitas Sastra Dilaut, Ayoe SW didampingi owner Tumang Garden (TG), Sabirin. (Foto : istimewa-arnel)

“Jalannya kegiatan zoom meeting yang dibuka secara resmi oleh Plt. Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga, Drs. Azmi tersebut menghadirkan narasumber yang terdiri dari Dato’ Sri Lela Budaya, Rida K Liamsi yang merupakan budayawan, Dr. Anastasia Wiwik Swastiwi, M.A., sejarawan dan dosen UMRAH, serta Romo Chrisanctus Paschalis Saturnus, penulis dan budayawan,” kata Ayoe SW.

Ayoe SW juga menambahkan kalau jalannya kegiatan zoom meeting saat itu selain diikuti peserta dari Kepri, juga diikuti peserta dari beberapa kota yang ada hingga peserta dari luar negeri, yakni Jerman.

“Jalannya zoom meeting saat itu selain diikuti oleh peserta dari Lingga, khususnya dan Kepri, juga diikuti oleh peserta dari Bandung, Pangkalpinang, Pekanbaru, dan Jerman. Kemudian juga digelar sesi tanya jawab terkait tema yang ada. Adapun materi yang disampaikan, antara lain “Gurindam Dua Belas, Akulturasi, dan Persebatian Melayu Bugis; Sejarah Melayu dan Sastra di Kepulauan Riau” oleh Dato’ Sri Lela Budaya, Rida K Liamsi. Kemudian dilanjutkan materi II, “Merawat Warisan Budaya Gurindam Dua Belas Raja Ali Haji” oleh Dr. Anastasia Wiwik Swastiwi, lalu materi III, yaitu Pembacaan Puisi dan Sharing buku “Aneka Relasi Gurindam Dua Belas Karya Raja Ali Haji” oleh Romo Chrisanctus Paschalis Saturnus,” papar Ayoe SW.

Baca juga :   Bupati Lingga Himbau PNS Agar Jaga Netralitas di Pilkada Serentak 2015
Tiga Pemenang Lomba Video Kreatif Gurindam 12, Komunitas Sastra Dilaut Gelar Zoom Meeting di Tumang Garden. (Foto : istimewa -arnel)

Ketua Komunitas Sastra Dilaut ini juga mengatakan kalau puncak acara hari itu ditutup dengan pemberian hadiah Lomba Video Kreatif Gurindam Dua Belas Raja Ali Haji.

“Setelah kegiatan zoom meeting, dilanjutkan pengumuman hasil Lomba Video Kreatif Gurindam Dua Belas. Tiga video terbaik dari sebelas peserta yang mengirimkan karya mereka, yaitu SMAS Baitul Quran Singkep, SMA Negeri 2 Singkep, dan SMA Negeri 1 Singkep,” kata Ayoe SW.

Terakhir, Ayoe SW berharap dengan digelarnya kegiatan tersebut bisa menjadi pemicu semangat kalangan pelajar, khususnya di Kabupaten Lingga untuk lebih mengenal lagi sosok Raja Ali Haji dengan karyanya Gurindam Dua Belas serta dapat menerapkan nilai-nilai yang terkandung pada Gurindam Dua Belas dalam kehidupannya sehari-hari.

Tiga Pemenang Lomba Video Kreatif Gurindam 12, Komunitas Sastra Dilaut Gelar Zoom Meeting di Tumang Garden. (Foto : istimewa -arnel)

“Harapan kami dengan diadakannya seminar dan Lomba Video Kreatif Gurindam Dua Belas Raja Ali Haji ini, yaitu untuk memantik dan memotivasi generasi muda agar melestarikan sastra lama, salah satunya Gurindam Dua Belas Raja Ali Haji. Selain itu, agar mereka mengenal Raja Ali Haji sebagai sosok Pujangga Melayu,” kata Ayoe SW.

Sementara itu, RD. Pachal sangat memberikan apresiasi kepada Komunitas Sastra Dilaut yang telah dengan sukses menyelenggarakan kegiatan tersebut.

“Pertama saya mau mengapresiasi Komunitas Sastra Dilaut yang sudah menginisiasi suatu kegiatan yang luar biasa untuk merevitalisasi atau merawat atau menghidupkan kembali semangat Gurindam Dua Belas dalam konteks kekinian dan menurut saya sangat sukses mengadakan kegiatan ini dengan melibatkan pelajar setingkat SMP dan SMA se-Kabupaten Lingga,” kata RD. Paschal.

RD. Paschal

RD. Paschal memandang kalau kegiatan yang digelar tersebut sangat menarik dan telah memberikan laluan, khususnya bagi kalangan generasi muda untuk selalu mencintai warisan budaya.

“Kemudian di puncak acara juga mengadakan seminar dengan para tokoh budayawan seperti dengan hadirnya Datok Rida K Liamsi dan juga sejarawan Kepri, Dr. Anastasia Wiwik Swastiwi dan ini bagi saya merupakan kegiatan yang sangat menarik, sangat luar biasa, dan menjadi harapan. Memang Komunitas Sastra Dilaut memberikan ruang untuk menghargai budaya serta mengajak orang-orang muda tentunya untuk mencintai warisan leluhur kita yang sangat agung, sangat banyak mengandung nasihat-nasihat luhur, dan sangat luar biasa,” papar RD. Paschal.

Baca juga :   Kunjungi Desa Persiapan Berjong, Bupati Lingga Pastikan PLN Masuk Dusun  

Terakhir, RD. Paschal mengajak untuk selalu tetap berkarya dan mencintai budaya itu sendiri.

Pemberian hadiah Lomba Video Kreatif Gurindam Dua Belas Raja Ali Haji. (Foto : istimewa -arnel)

“Sekali lagi terima kasih kepada Komunitas Sastra Dilaut serta semua pihak yang ikut menyukseskan acara ini. Semoga kita selalu tetap berkarya dan mencintai budaya kita,” kata RD. Paschal.

Jalannya kegiatan zoom meeting dan pengumuman tiga video terbaik Lomba Video Kreatif Gurindam Dua Belas Raja Ali Haji saat itu dimeriahkan juga dengan tampilan pembacaan Gurindam Dua Belas dan puisi dari anggota dan pengurus Komunitas Sastra Dilaut yang terdiri dari T. Fadlan, Syaufi Anwar, Siti Hadriyani, kolaborasi Nadia dan Annisa, Asterela Yolanda, serta kolaborasi Siti Junisah dan Siti Hadriyani. Selain itu, owner Tumang Garden, Sabirin juga menampilkan pembacaan puisi di sesi akhir jalannya zoom meeting saat itu. (Im).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *