KOPI PAGI HARI : “HARI INI ADALAH LANGKAH AWAL MENUJU MASA DEPAN”

0
ARI BAYU PRATAMA

Pagi ini kembali kehangatan kopi di Daik memberikan kenikmatan rasa yang lumayan meresap di tenggorokan. Tapi tetap saja obrolan para pengopi menjadi bahan yang menarik untuk dirangkai menjadi sebuah tulisan singkat.
Terkadang dalam proses hidup ini kita sering dan terbiasa untuk mengeluh dengan keadaan saat ini, tapi pernahkah kita mengeluh tentang hari yang sudah berlalu atau mengeluh tentang masa depan yang belum pasti, tentu saja tidak karena toh hari yang sudah berlalu sudah kita lewati dengan baik dan masa depan juga belum pasti membawa kita kemana.Padahal besok hari ini akan jadi masa lalu dan masa depan menjadi hari ini, jadi buat apa kita mengeluh tentang keadaan hari ini setiap harinya, jangan khawatir kelak hari ini pasti berlalu. Jadi yang perlu kita lakukan hari ini sebenarnya cukup dengan bekerja professional sesuai kita apa adanya. Seorang Nelayan akan turun ke laut dan mandapatkan hasil sepulang dari laut, seorang Buruh akan bekerja keras dan mendapatkan hasil ketika pulang ke rumah, seorang Staff di kantor akan bekerja dengan baik dan mendapatkan hasil pastinya setiap bulannya, hingga seorang Pejabat yang professional akan memberikan manfaat yang juga luar biasa bagi dirinya dan bawahannya. Begitulah hari yang baik dijalani setiap harinya dan berulang lagi besok, lusa maka kehidupan kita pasti akan lebih baik dan membawa kebaikan pula bagi orang disekitar kkiita hingga dalam skala luasnya daerah kita sendiri.

Terkadang kita terlampau sering mengeluhkan keadaan daerah kita dan berbicara lantang di kedai kopi tanpa pernah menyadari bahwa perubahan besar tidak akan terjadi tanpa usaha kecil yang saling berkaitan, begitu juga dengan kondisi daerah kita saat ini. Berbuatlah walaupun sedikit karena ketika setiap kita melakukan hal yang sama maka perlahan tapi pasti perubahan kearah yang baik akan terjadi, ingatlah Allah tidak akan mengubah keadan suatu kaum melainkan kaum itu sendiri yang mengubah keadaannya . Jadi mari singsingkan tangan baju dan mulai bekerja awali hari dengan semangat bekerja keras dan professional, jangan mengeluh dengan proses, syukuri saja prosesnya karena ketika kita mensyukuri proses maka InsyaAllah kita akan sangat menikmati hasil, karena apa yang kita dapatkan besok, lusa atau bertahun-tahun ke depan mungkin adalah hasil dari proses yg kita jalani hari ini.

Ketika Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa beliau tidak pernah berpikir akan menciptakan Nusantara beliau hanya berusaha memberikan segala yang dia bisa bagi kerajaannya dan pengabdian terbaiknya bagi sang Raja, dan hari ini bahkan kita lebih mengenal kebesaran nama Sang Patih daripada Sang Raja Hayam Wuruk itu sendiri. Ketika Jenderal Besar Sudirman berjuang melawan penyakit untuk memberikan perjuangan terbaik bagi bangsa ini maka hari ini kita tetap mengenang beliau sebagai sosok yang berdiri sejajar bersama para Pemimpin Bangsa ini bahkan lebih. Mereka hanya contoh kecil dari bentuk pengabdian bagi bangsa ini, jadi ketika mereka bisa kenapa kita tidak. Karena ittu berikan saja kemampuan terbaik kita bagi daerah kita, berhenti berkeluh kesah, jadilah kita apa adanya hari ini dengan professional, seorang Nelayan jadilah Nelayan yang Profesional, seorang buruh jadilah buruh yang bekerja keras, seorang pegawai jadilah pegawai yang beretos kerja, seorang pejabat jadilah teladan yang baik bagi bawahan, karena entah suatu hari nanti nama kita juga akan dikenang baik sebagai salah seorang pembawa perubahan bagi daerah kita bahkan mungkin bisa berdiri sejajar dengan para pemimpin daerah kita. Siapa yang tau nasib manusia, entah jadi apa kita 5 tahun, 10 tahun, atau 20 tahun dari sekarang. Jadi awali hari ini dengan semangat kerja profesional dan berhenti mengeluh akan proses maka kita akan mendapatkan hasil yang terbaik bagi diri kita dan daerah kita nantinya.
Selamat menjalani hari yang luar biasa para pemuda calon pemimpin di masa depan.

Daik, Lingga, 14 September 2016
Wassalam

ARI BAYU PRATAMA

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.