Kote Natsir Masih Gelar Tradisi Lebaran Bersama

NASIONAL150 Views
banner 468x60

Selingga.com (16/04) Mandah. Tradisi lebaran dengan mengunjungi rumah warga secara bersama-sama masih dilaksanakan di Kote Natsir, Kecamatan Mandah, Inhil. Tradisi ini dimulai usai masyarakat menjalankan ibadah salat Idul Fitri, kemudian secara bersama-sama mendatangi rumah-rumah warga yang ada di daerah tersebut.

Encek Khairul Amin, salah seorang warga Kote Natsir, pada lebaran hari pertama pada Rabu (10/04) tadi mengatakan kalau tradisi berlebaran secara bersama-sama tersebut tetap dilaksanakan hingga saat ini.

Kote Natsir Masih Gelar Tradisi Lebaran Bersama

“Tradisi ini tidak pernah kami buang di Kecamatan Mandah. Kami tetap mengadakan acara silaturahmi dari rumah ke rumah,” kata Encek Khairul Amin.

Encek Khairul Amin menambahkan kalau dalam pelaksanaan lebaran bersama tersebut, akan dilaksanakan doa bersama pada setiap rumah yang dikunjungi saat itu.

“Kemudian setiap rumah yang dikunjungi, kami akan mengadakan doa bersama, barulah kemudian makan bersama apa yang dihidangkan oleh tuan rumah,” kata Encek Khairul Amin.

Kote Natsir Masih Gelar Tradisi Lebaran Bersama

Encek Khairul Amin mengakui kalau tradisi lebaran bersama tersebut telah berlangsung sejak zaman dahulu.

“Adat istiadat ini telah berlangsung sejak zaman dahulu, sejak datuk nenek moyang kami, dan tidak pernah kami buang hingga saat ini pada anak cucunya,” kata Encek Khairul Amin.

Kote Natsir Masih Gelar Tradisi Lebaran Bersama

Dalam jalannya lebaran bersama itu, setidaknya ada puluhan rumah warga yang akan dikunjungi secara bergantian. Untuk mengunjungi seluruh rumah warga yang ada di Kote tersebut, dibutuhkan waktu selama dua hari, pada lebaran hari pertama dan hari kedua. (Im).

banner 325x300
Baca juga :   Konstituen Perlu Punya Keterwakilan di Dewan Pers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *