Kpu Lingga Buka Pendaftaran Calon Bupati

Komisi pemilihan umum (KPU) Kabupaten Lingga, resmi membuka pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil bupati selama tiga hari kedepan, mulai 26 Juli hingga 28 Juli 2015, di kantor KPU Lingga.
Ketua KPU Lingga Agussyuriawan mengatakan, KPU bekerja sesuai tahapan dan telah berkoordinasi dengan Panwaslu. Untuk pengamanan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Polres dan sejumlah stackholder guna mensukseskan tahapan pendaftaran pasangan calon tersebut selama proses pendaftaran.
“Kita berjalan sesuai tahapan dan telah berkoordinasi dengan Panwaslu. Jadi, tiga hari kedepan kita akan melayani pendaftaran calon mulai dari jam 08.00 Wib sampai jam 16.00 Wib. Untuk Pengamanannya, kita bekerjasama dengan Polres Lingga dan stakholder lainnya selama berlangsungnya tahapan pendaftaran,” ungkapnya, disela menanti pendaftaran calon di kantor KPU Lingga, Minggu (26/7).
Dilanjutkannya, jika sampai dengan ditutup pendaftaran ditemukan tidak ada yang mendaftar atau hanya ada satu pasangan yang terdaftar pada tanggal 28 Juli, maka KPU akan mengambil kebijakan untuk memperpanjang masa pendaftaran selama tiga hari.
“Kita akan menambah tiga hari lagi, jika tidak ada pasangan calon yang mendaftar atau hanya satu pasangan yang terdaftar sampai tanggal 28 Juli nanti,”katanya.
Apabila tidak juga memenuhi syarat jumlah pasangan setelah ditambah tiga hari tersebut, dijelaskannya, maka Pemilu akan ditunda hingga 2017 mendatang. Hal tersebut sesuai dengan peraturan KPU nomor 14 tahun 2015 tentang penumdaan pemilu apabila terdapat calon tunggal.
Namun, dilihat dari jumlah kursi di DPRD Kabupaten Lingga, ia memprediksikan, akan ada kemungkinan empat pasangan calon yang mendaftar. “Kita memprediksikan akan ada empat pasangan calon yang mendaftar sesuai jumlah keseluruhan kursi yang ada di DPRD,”katanya lagi.
Agussyuriawan berharap, selama tiga hari dibukanya pendaftaran, sudah nampak siapa saja calon bupati dan wakil bupati yang akan bersaing pada Pilbup 9 Desember 2015 mendatang, serta seluruh tahapan hingga seselai Pilkada, terlaksana dengan baik. “Kita berharap semua berjalan lancar dan kita memiliki pemimpin defenitif nantinya,” katanya.
Sementara itu, ketua Panwaslu Kabupaten Lingga Jaswir mengatakan, pihaknya siap mendukung jalannya seluruh tahapan Pilkada di Kabupaten Lingga sesuai fungsinya Panwaslu. “Kita jalankan fungsi kita untul dukung terselenggaranya pemilihan,” ungkap Jaswir.
Terkait keamanan, Kapolsek Lingga Hendriyal mengatakan, pihak Polres melalui Polsek Lingga mengerahkan para petugasnya untuk mengawal jalannya proses pendaftaran peserta. “Kita kerahkan anggota kita untuk mengawal jalannya pendaftaran calon. 15 orang petugas dari Polsek Lingga kita tugaskan di sekitar kantor KPU,”singkatnya.

Read Previous

Kemarau Panjang Resahkan Masyarakat Pengambil

Read Next

Hasil Lengkap GP Hongaria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *