Kumpul-Kumpul Uang, SMPN – 2 Singkep, Serahkan Zakat Buat 65 Penerima

0
Kepala SMPN - 2 Efendi, menyerahkan zakat secara simbolis. (foto:istimewa)

Selingga.com (25/05) Dabo. Ada nilai kepedulian yang coba dilestarikan oleh kalangan SMPN – 2 sampai saat ini. Nilai kepedulian berupa zakat, infak dan sedekah itu, ditanamkan pihak sekolah untuk para siswa-siswanya dan juga buat sesama pendidik di sana.

Puncaknya menjelang libur lebaran Idul Fitri 1440 H, pihak SMPN 2 Singkep kembali menyerahkan zakat dan infak sedekah kepada 65 orang peserta didik dan 4 orang tenaga kependidikannya. Penyerahan zakat dan infak sedekah dilaksanakan pada Sabtu(25/5) tadi, di halaman upacara SMPN – 2.

Penyerahan zakat kepada 65 orang. (foto:istimewa)

“Jika dicermati kegiatan ini hakikatnya merupakan aksi nyata seluruh warga sekolah dalam upaya menanamkan nilai kepedulian antar sesama tenaga kependidikan dan peserta didik. Selain itu, satu hal yang perlu kita garis bawahi bahwasannya kegiatan berzakat dan berinfak sedekah ini juga merupakan kewajiban bagi kita umat islam yang mampu atau yang sudah masuk dalam keriteria wajib zakat,” kata Effendi selaku Kepala Sekolah SMPN – 2 ini, dalam realease yang ada.

Di waktu yang hampir bersamaan, Ismawati S.Ag, selaku Wakil Kepala Kesiswaan dan Staf Pendidik Agama Islam di SMPN 2 Singkep, mengatakan bahwa zakat, infak dan sedekah yang ada, diperoleh dari pembayaran zakat internal warga SMPN 2 Singkep itu sendiri.

“Zakat dan infak yang diberikan ini sebenarnya berasal dari zakat profesi 2,5 % yang dikeluarkan PNS di SMPN 2 Singkep setiap bulannya. Kemudian, ditambah lagi dari hasil pengumpulan infak sedekah yang dikeluarkan peserta didik mulai dari awal Ramadan kemarin,” kata Ismawati.

Ismawati juga menambahkan kalau untuk tahun ini, zakat profesi dan infak sedekah yang berhasil terkumpul di SMPN 2 Singkep, berjumlah Rp 10.350.000.

Komite sekolah Ardiansyah, S.P.d menyerahkan zakat secara simbolis. (foto:istimewa)

“Alhamdulillah dengan jumlah ini akhirnya setelah dirincinkan masing – masing siswa dan tenaga kependidikan mendapatkan zakatnya sebesar Rp 150.000/org. Peserta didik dan tenaga kependidikan yang menerima zakat ini juga sudah kami seleksi berdasarkan kategori layak penerima zakat. Ada yang bersatus yatim piatu, fakir miskin dan janda. Mudah-mudahan zakat yang diterima ini dapat sedikit membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan di Hari Raya Idul Fitri nanti,” jelas Ismawati.

Selanjutnya Ketua Komite SMPN 2 Singkep, Ardiansah, S.Pd, di acara yang sama, menyampaikan dukungan nya terhadap kegiatan positif tersebut.

” Melalui program ini, secara tidak langsung sekolah telah berhasil mengajak peserta didik untuk berinfak atau saling berbagi. Berikutnya uang infak yang terkumpul tersebut ternyata kembali disalurkan bagi peserta didik atau sahabatnya yang sangat membutuhkan. Kami berharapkan kedepannya program positif seperti ini dapat terus dilaksanakan,” kata Ardiansah.(Im).

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.